Tips Ternak Hamster Bagi Pemula

Tips Ternak Hamster Bagi Pemula

Posted on

Tips ternak hamster bagi pemula – Hamster merupakan hewan kecil nan lucu, dan menjadi favorit anak-anak karena fisik dan tingkah lakunya yang amat menggemaskan. Melihat cukup banyaknya peminat hamster, maka sudah barang tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Di dalam artikel ini akan kami bahas tips ternak hamster bagi pemula.

Perawatan Kandang

Kandang merupakan tempat hamster berteduh, makan dan berkembang biak. Kandang yang baik akan membuat hamster nyaman dan mereka tumbuh dengan sehat. Berikut ini cara perawatannya:

  1. kandang hamster harus selalu bersih. Pastikan Anda membersihkannya secara teratur. Pastikan juga kandang selalu kering.
  2. Jangan lupa gunakan alas di bawah kandang dengan menggunakan serbuk kayu atau butiran kayu. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko hewan.
  3. Untuk meminimalisir bau kotoran hamster, gunakan alas pasir.
  4. Alas pasir ataupun alas kayu bisa menjadi media alternative yang baik untuk hamster mandi dan membersihkan bulu-bulunya.
  5. Jauhkan kandang dari jangkauan hewan pengganggu, pastikan selalu kandang aman.
  6. Kandang harus rapat dan tidak terdapat celah untuk hamster kabur.
  7. Dalam satu kandang, kamu bisa menyimpan lebih banyak Hamster jantan ketimbang betina. Perbandingannya ialah 2:8. Optimalkan jumlah hamster di dalam kandang agar lebih intens terjadi perkawinan.
  8. Pisahkan indukan betina hamil dengan betina hamil lainnya.
  9. Untuk merawat alas kandang berupa pasir, sebaiknya anti seminggu sekali.
  10. Pasir bisa kembali digunakan, yang penting dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran. Cara mencucinya, cukup merendam pasir dengan air dan disinfektan, kemudian keringkan.

Perawatan Makanan dan Minuman Hamster

Untuk menghasilkan hamster berkualitas, Anda wajib memberinya makanan dan minuman yang tepat. Berikut ini hal-hal penting yang harus Anda perhatikan:

READ  Langkah-Langkah Ternak Kroto Bagi Pemula
  1. Beri makan hamster dengan kacang tanah atau kuaci yang telah dikupas kulitnya kemudian dihaluskan.
  2. Setiap pagi dan sore, beri kecambah atau touge. Hal ini menjadi pengganti air putih, sehingga kandang hamster tetap kering. Kandang yang basah membuat hamster tak nyaman bahkan menyebabkan kematian.
  3. Pastikan pakan mencukupi kebutuhan gizi hamster.
  4. Berikan makanan jika stok di kandang memang sudah benar-benar habis.

Perawatan Anak Hamster

Anak hamster akan menjadi asset untuk Anda yang akan menjadi profit setelah dijual kelak. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar anak hamster sehat dan berkualitas:

  1. Pisahkan induk betina dan induk jantan saat induk betina telah hamil atau melahirkan.
  2. Induk betina harus diberi kecambah lebih banyak yang bermanfaat bagi kesuburan.
  3. Jika indukan betina sudah mendekati waktu kelahiran, siapkan potongan kain untuk sarang bayi hamster yang akan dilahirkan. Ini membuat mereka lebih hangat dan lebih nyaman.

Semoga informasi tips ternak hamster bagi pemula ini membantu Anda yang tertarik menekuni usaha ternak hamster. Terima kasih sudah membaca, sukses selalu.