Usaha Ternak Kelinci Potong Yang Harus di Perhatikan

Ternak kelinci potong

Temukan info seputar tips cara ternak kelinci potong supaya dapat menghasilkan kelinci besar dan sehat dengan cepat dan mudah.

Usaha ternak kelinci potong itu memang gampang-gampang susah. Di satu sisi hewan satu ini terhitung tidak banyak menyulitkan untuk dipelihara. Namun kadang kala sulit beradaptasi dengan situasi baru sehingga alih-alih menjadi gemuk dan sehat, malah terlihat kurus atau malah mati.

Banyak keluhan memang muncul di kalangan peternak pemula, meski dikatakan bahwa kelinci mudah dipelihara,faktanya kelinci malah mudah mati dan sulit dibuat gemuk. Masa panen jadi lebih lama dari teori yang disampaikan.

Kembali, kendal utama dari usaha ternak kelinci pedaging adalah kemampuan kelinci untuk beradaptasi dengan situasi baru tergolong lambat. Mereka kerap merasa mudah stress hanya karena perubahan suasana, kandang dan terutama pola makan dan jenis asupan.

Maka dari itu, aspek makanan penting menjadi perhatian kita. Bagaimana cara memberi makan yang sesuai dengan kebutuhan dari kelinci sehingga mereka tidak stress dan mati. Dan untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah tips penting untuk Anda menjalankan usaha ternak kelinci potong supaya kelinci ternak Anda cepat gemuk dan tidak mudah mati.

Beli bibit dari peternak

Kesalahan yang acapkali dijalankan oleh pelaku usaha ternak adalah membeli asal bibitan. Hanya karena bentuk dan kondisi bibit ketika dibeli terlihat fit tidak lantas akan menjamin mereka akan tumbuh besar dan gemuk sesuai harapan.

Karenanya bila Anda tidak yakin dengan penjual kelinci pengepul biasa, coba untuk membeli bibit dari peternak. Mereka dapat menjelaskan lebih baik, asal usul dan aspek silsilah dari kelinci. Silsilah turunan dapat menentukan karakter kelinci.

Selain itu, peternak tentu saja lebih memahami apa saja pakan yang biasa diberikan ke bibit setiap harinya, kondisi kandang yang biasa mereka tinggali dan kebiasaan-kebiasaan lain yang mungkin perlu Anda ikuti di usaha ternak Anda.

Beli bibit dari satu sumber

Jangan membeli kelinci dari banyak sumber, sebaiknya pastikan kualitas sumber dan belilah cukup dari satu sumber saja. Anda bisa bayangkan bila Anda memiliki banyak kelinci dari beragam sumber peternak.

Masing-masing kelinci memiliki karakter dan kebiasaan bawaan masing-masing. Akan serumit apa Anda harus mengadaptasi setiap karakter dan kebiasaan ini di usaha ternak kelinci potong Anda.

Perhatikan masa menyusui

Bila Anda juga melakukan pembiakan dalam usaha ternak kelinci potong Anda, coba perhatikan kondisi setiap anakan di masa menyusui. kelinci termasuk jenis satwa beranak banyak. Dan kadang ini menyebabkan beberapa ekor anakan tidak sukses mendapatkan suplai susu sebagaimana seharusnya.

Coba bantu sapih beberapa anakan yang tampak sehat, dan bantu dengan pemberian susu buatan. Sedang biarkan anakan kelinci yang masih kurus untuk tetap dirawat induk mereka sampai kondisi tubuh mereka dapat membaik. Ini akan membantu Anda mendapatkan semua anakan dengan ukuran memadai.

Beri makan lebih di malam hari

Kelinci adalah hewan noktunal yang artinya mereka cenderung lebih aktif di malam hari. Di siang hari mereka cenderung istirahat dan tidur. Coba untuk pahami kebiasaan ini dengan tidak banyak mengusik istirahat mereka di siang hari. jangan ganggu kandang mereka selama mereka istirahat.

Jangan beri makan berlebihan di siang hari karena kalau sayuran sudah layu, sebenarnya kualitas nutrisinya sudah berbeda. Di sisi lain beri makan dalam porsi lebih di malam hari. Mereka akan cenderung makan lebih banyak di malam hari.

Tambahkan konsentrat

Untuk membantu mendongkrak berat badan, kelinci perlu mendapatkan asupan konsentrat seperti bungkil, ampas tahu atau  legum. Hanya saja biasanya mereka di awal tidak terbiasa dengan jenis makanan ini.

Jadi coba bantu kelinci beradaptasi dengan membuat mereka puasa sehari sehingga mereka benar-benar lapar. Padukan makanan baru dengan makanan lama dengan rasio bertahap supaya mereka menyesuaikan diri. Sampai akhirnya mereka sepenuhnya dapat menerima adonan makanan baru.

Teknik pemeliharaan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kelinci potong yang sehat, cepat besar dan cepat panen. Sudah tentu dengan cara cermat ini usaha ternak kelinci potong Anda akan cepat mendatangkan hasil.

Baca Juga : Jenis Kelinci Pedaging Untuk Usaha Ternak Kelinci Potong

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.