Ternak ayam cemani
Ternak ayam cemani

Potensi Usaha Ternak Ayam Cemani

Posted on

Taukah Anda dengan ayam cemani? Dan taukah Anda akan potensi besar dari usaha ternak ayam cemani? Temukan info seputar potensi menguntungkan di balik ayam mistis ini.

Pernah tau dengan ayam cemani? Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengarnya ya? ini adalah salah satu varietas alami dari spesies ayam dengan warna dan corak yang sangat khas. Ayam cemani dikenal dengan warnanya yang hitam pekat. Berikut perihal pengetahuan terkain ternak ayam cemani

Warna hitam dari ayam cemani demikian luar biasa. Tidak hanya bulu dan jenggernya saja yang hitam pekat. Tetapi kaki, kulit sampai daging bahkan tulangnya juga berwarna hitam. Dan inilah yang membuat ayam cemani menjadi istimewa.

Warna hitam yang demikian dominan dari ayam ini membuat secara kultural ayam cemani acapkali diidentikan dengan nuansa mistis. Secara tradisional ayam cemani lazim digunakan sebagai semacam sajen atau kurban untuk sebuah acara atau kegiatan tradisional. Di zaman dulu, pemotongan ayam cemani lazim dilakukan saat pembangunan jembatan atau candi.

Sebenarnya, ayam cemani adalah jenis ayam kampung khas kedu pada umumnya. Hanya beberapa perubahan genetik menyebabkan ayam mengalami over melanin yang membuat warna bulu dan seluruh bagian tubuh lainnya berwarna hitam. Perubahan genetik ini menurun 100% selama proses perkawinan terjadi pada sesama ayam cemani.

Ayam cemani dulunya hanya memiliki pasar terbatas. Pasalnya banyak orang yang merasa tabu mengonsumsi ayam cemani kecuali untuk prosesi adat tertentu. Tetapi dewasa ini, makin banyak kalangan modern yang melihat khasiat dari ayam cemani lebih dari sudut pandang kesehatan.

Bahwa ayam cemani adalah ayam dengan daging yang sangat kaya nutrisi termasuk zat besi dan sejumlah komponen asam amino serta mineral khusus yang tidak banyak ditemukan pada ayam jenis lain.

Makin banyak pula orang yang berminat untuk mengoleksi ayam ini sebagai ayam hias. Warnanya yang unik dan kepercayaan sejumlah orang bahwa ayam cemani membawa keberuntungan menjadi alasan ayam ini digemari para kolektor.

Di pasar lokal konsumsi ayam hitam ini boleh jadi relatif rendah. Masih banyak orang merasa tidak nyaman mengonsumsi ayam yang demikian identik dengan nuansa mistis. Bisa dikatakan pasar lokal sampai saat ini memang belum terlalu terbuka.

Perkembangan masyarakat modern yang menyadari ayam cemani kaya nutrisi terbentuk di kalangan menengah atas dengan menghadirkan hidangan ini pada restoran high end. Tetapi, potensi berbeda justru muncul di pasaran internasional.

Produk ayam cemani belakangan mulai dicari di benua Amerika dan Eropa. Produk ayam dengan warna unik ini mulai diekspor ke kawasan ini dalam beberapa tahun belakangan. Pasarnya juga makin luas, memasuki sejumlah usaha kuliner dan pejaja retail di kedua kawasan tersebut.

Di pasaran harga dari ayam cemani relatif tinggi. itu sebabnya pasar dari ayam cemani juga terbatas. Untuk produk reguler saja, ayam cemani dijual dalam harga kisaran 200 ribuan bahkan hingga 1,5 juta perekornya. Ukuran badan yang besar mencapai bobot hingga 1,8 kg perekor memberi nilai tambah.

Tetapi untuk sejumlah prosesi adat dan koleksi, ayam cemani unggulan dengan warna hitam pekat bisa dijual sampai harga di atas 20 juta. Tentu saja perlakuan untuk ayam cemani reguler dengan ayam cemani khusus semacam ini berbeda.

Bila Anda bermaksud menjalankan ternak ayam cemani, upayakan untuk membangun semacam peternakan kecil dengan kandang-kandang ayam semi terbuka sehingga ayam-ayam dalam peternakan dapat bebas berkeliaran. Ini karena sejatinya ayam cemani adalah jenis ayam kampung yang mudah stress bila harus hidup dalam kandang rapat sebagaimana pada ayam pedaging.

Biakan ayam dengan bentuk sedang sebagai ayam cemani reguler. Dan pilih beberapa ekor ayam cemani dengan bentuk lebih sempurna untuk perawatan khusus. Pastikan mendapatkan ayam cemani dengan ukuran besar, bulu hitam berkilap dan jengger dan kaki yang hitam legam.

Rawat baik-baik bulu dan jengger ayam supaya berbentuk dan tampak bersih berkilau sempurna. Ini yang akan mendongkrak penghasilan Anda hingga puluhan juta. Karena ayam cemani yang terawat baik berpotensi ditaksir kolektor atau para pelaku prosesi adat.

Pada kesempatan berikutnya kita akan mecoba menguak lebih jauh analisa peluang dari usaha ternak ayam cemani. Kita akan lihat sejauh mana potensi penghasilan dari usaha ternak ayam cemani.

Baca juga : Analisa Usaha Budidaya Ayam Cemani