Pemeliharaan Kelinci Kecil
Pemeliharaan Kelinci Kecil

Cara Pemeliharaan Kelinci Kecil Paling Lengkap

Posted on

Ternyata ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan usaha pemeliharaan kelinci kecil. dan berikut adalah sejumlah tahapannya.

Salah satu rintangan dalam memelihara kelinci adalah ketika usia mereka masih relatif kecil. kelinci kecil cenderung lebih rentan dan mudah sekali stress. Akibatnya mereka akan kehilangan selera makan dan mati. Itu sebabnya, Anda perlu perhatikan dengan baik cara pemeliharaan kelinci kecil dengan baik.

Tips pemeliharaan kelinci kecil tidak hanya bermanfaat untuk Anda yang sekedar ingin memelihara sebagai piaraan rumahan semata. Tetapi juga penting untuk Anda yang bertujuan memelihara kelinci untuk ternak. Baik ternak untuk bibitan, ternak untuk penggemukan atau ternak kelinci hias.

Apa saja poin yang perlu menjadi perhatian Anda saat melakukan pemeliharaan kelinci kecil? berikut adalah panduannya.

Pilih kelinci kecil siap sapih

Hati-hati dalam memilih kelinci kecil, kadang peternak menjual cepat kelinci kecil mereka bahkan sebelum usia kelinci 40 hari. Padahal dengan usia sekecil itu, kelinci belum layak untuk disapih dari induknya.

Kelinci yang belum siap sapih akan relatif lebih rentan, mudah sekali sakit dan relatif mudah stress. Itu sebabnya akan sangat disarankan untuk membeli dari peternak yang dikenal bereputasi baik sebagai suplier kelinci bibit yang baik. Atau bila Anda membeli dari pedagang, pastikan kelinci sudah berukuran relatif besar untuk menghindari membeli kelinci terlalu muda.

Pilih dengan keturunan baik

Masalah keturunan juga akan berperan besar dalam proses usaha ternak yang Anda jalankan. Apapun arah usaha ternak kelinci yang Anda tentukan, baik untuk produksi kelinci hias, pembiakan atau penggemukan.

Beberapa peternak akan sangat menyarankan Anda membeli dari peternak lain. ini membantu Anda mendapatkan sumber bibit yang lebih terpercaya. Karena biasanya peternak dapat menjelaskan dengan baik jenis dan kualitas dari indukan kelinci kecil.

Tetapi kadang membeli dari pasar atau pedagang juga tidak buruk. Asal Anda memilih pedagang dengan reputasi baik. Minta mereka menjelaskan jenis, kualitas turunan hingga sejumlah kebiasaan yang sudah lazim diberikan pada kelinci. Ini memandu Anda lebih mudah membesarkan kelinci sesuai kebutuhan dan kebiasan kelinci tersebut.

Pilih bibit yang sehat

Ini juga bagian penting dalam cara pemeliharaan kelinci kecil. kalau sejak awal saja kelinci kecil sudah tidak fit, sulit untuk Anda mendapatkan hasil optimal. Karenanya pemilihan kelinci kecil yang sehat jelas menjadi krusial.

Pastikan kelinci kecil dalam kondisi sehat, dengan mata yang tampak bulat bersinar, tidak layu atau tampak malas, hidung dan anus yang bersih, tidak berair dan kotor, telinga tampak segar tidak layu dan tidak dalam kondisi cacat.  Hindari kelinci kecil dengan bulu yang rontok atau hidung tampak terlalu merah. Karena bisa jadi kondisi kelinci sudah tidak fit.

Pemberian pakan

Pakan menjadi elemen krusial lain dalam cara pemeliharaan kelinci kecil. Sebaik apapun kualitas bibit yang Anda dapatkan, bila tidak diberi pakan dengan tepat hasilnya akan  buruk. Bahkan tidak mungkin kelinci ternak Anda malah mati.

Pada 3 bulan pertama, hindari pemberian sayuran. Penambahan wortel masih dibolehkan dalam kadar sangat terbatas. Jadi kelinci kecil jelas tidak dapat mengonsumsi aneka dedaunan hijau seperti bayam, kangkung, daun kacang sampai daun lembayung. Juga jenis sayuran lain.

Penambahan sayuran apalagi yang kadar seratnya terlalu keras, mengandung air berlebihan dan memiliki efek memberatkan kinerja pencernaan. Ini akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kelinci kecil dan ini dapat memicu kematian.

Selama masa 3 bulan ini akan lebih baik bantu kelinci tumbuh dengana asupan kacang-kacangan atau untuk lebih aman dapat diberikan pelet khusus kelinci. Belakangan malah sejumlah produsen pakan memproduksi pakan kelinci khusus kelinci bayi dan anakan.

Setelah 3 bulan, penambahan sayur dapat dilakukan dengan bertahap. sampai pencernaan cukup kat di usia 5 bulan, kelinci akan siap sepenuhnya mengonsumsi aneka sayuran dan buah tanpa masalah. Berikan pula minum untuk kelinci dari sumber air yang bersih. Karena kelinci ternyata lebih nayaman hidup dengan suplai air yang bersih.

Teknik perawatan

Tak ubahnya dengan manusia, kelinci pun juga dapat stress dan hanya dapat diobati dengan  bertemu dengan ibu mereka. Dan bila dipisahkan dengan paksa kadang menyebabkan kelinci kecil lebih sensitif.

Bantu menambah rasa nyaman kelinci dengan menambahkan menyatukan sesama kelinci kecil dalam satu kandang. Kelinci akan berinteraksi satu sama lain dan ini akan menjadi cara pemeliharaan kelinci kecil yang efisien.

Baca juga berbagai macam jenis kelinci pedaging