Pasir Kucing, Perawatannya Gimana Sih?

Posted on

Perawatan Pasir Kucing

Pasir Kucing, Perawatannya Gimana Sih? – Hallo catlovers! Bagaimana kabar kucingmu? Hm.. masih bingung gak sih soal pasir kucing manis kita? Buat yang masih awam soal dunia perkucingan, pasir kucing itu adalah toilet kucing. Nama kerennya sih litter box. Nah, buat kamu yang masih bingung, kami bakal ngasih tau informasi-informasi dasar tentang Perawatan Pasir Kucing. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Punya Jadwal Pembersihan Pasir Kucing

Hal dasar yang harus banget kamu perhatikan adalah jadwal pembersihan pasir kucing kesayangan kamu. Ini sangat penting, loh catlovers! Sebab, semua penularan penyakit seperti toxoplasma itu dari kotorannya si manis. Karena itu, kita harus rajin-rajin membersihkan kotoran kucing. Sebaiknya, kamu membersihkan kotoran dari pasir kucing 2 kali dalam sehari. Dan mengganti litter atau pasirnya secara berkala setiap minggunya.

Jangan Lupa Untuk Melengkapi Perlengkapan Pembersihan

Nah, ini juga tidak kalah penting catlovers! Kamu harus banget punya alat berikut:

  • Sarung tangan
  • Sponge atau busa
  • Air hangat
  • Sabun berbahan detergen ringan

Jangan pernah lupakan menggunakan sarung tangan yah! Karena penting banget untuk menghindari kontak dengan bakteri atau kuman yang mungkin saja ada di kotoran si manis kita. Box pasir kucing bisa dibersihkan dengan air hangat yang diberi detergen ringan. Lalu, diusap menggunakan sponge. Jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu, sebelum box pasir tersebut digunakan kembali untuk si manis.

Box Toilet Kucing Hanya Untuk Satu Kucing

Ini aturan baku yang harus kamu perhatikan kalau kamu punya kucing lebih dari satu. Kucing pada dasarnya adalah makhluk teritorial. Toilet kucing juga merupakan daerah teritorialnya. Jadi, alangkah baiknya jika kamu menyediakan satu box pasir untuk masing-masing kucing.

READ  Ringworm Pada Kucing, Seperti Apa Sih?

Peletakkan Box Toilet Kucing Ditempat Yang Sesuai

Adalah menjadi penting untuk meletakkan box toilet kucing kamu ditempat yang sesuai. Pilihlah tempat yang privasinya tinggi, dan juga jauh dari keramaian. Kucing sangat senang untuk menghabiskan waktu membuang kotorannya ditempat yang tenang dan jauh dari publik. Selain itu, pastikan juga toilet kucing kamu terletak ditempat yang memudahkan kucing kamu untuk mengaksesnya, baik ketika masuk ataupun keluar nantinya.

Memilih Pasir Untuk Toilet Kucing

Pemilihan pasir untuk kucing memang membingungkan. Ada baiknya kamu membiarkan kucingmu yang memilih sendiri pasir mana yang sesuai dengan kemauannya. Caranya cukup simple saja, ketika kucingmu tidak senang dengan pasir kucing nya, maka dengan sendirinya ia akan memilih untuk tidak menggunakannya. Begitupun sebaliknya jika kucing menyukai, maka ia akan menggunakannya.

Catlovers, itu tadi informasi dasar mengenai Perawatan Pasir Kucing. Yuk, beri perhatian lebih pada toilet kucing manismu untuk menjaga kesehatan kamu dan si manis. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda, khusunya para catlovers.