Peternakan Bebek
Peternakan Bebek

4 Elemen Penting Pada Pakan Ternak Bebek

Posted on

Masalah pakan selalu menjadi masalah yang perlu diperhatikan ketika bicara soal usaha ternak. Karena porsi biaya yang dikeluarkan untuk penyediaan pakan selalu relatif besar dibandingkan pos biaya operasional lainnya. Demikian pula ketika kita bicara soal usaha ternak bebek. Tentu kita juga harus melihat bagaimana cara tepat memberikan pakan ternak bebek  yang menunjang produktivitasnya.

Pada dasarnya, terdapat 4 macam elemen nutrisi penting dari pakan ternak bebek yang bersifat mutlak terkandung didalamnya. Ini karena 4 elemen nutrisi ini berperan besar menunjang pertumbuhan, aktivitas, pembentukan daging, ketahanan tubuh hingga produksi telur.

Adapun 4 elemen nutrisi penting dalam pakan ternak bebek adalah sebagai berikut.

Pakan sumber energi

Energi adalah elemen penting yang mutlak harus ada dalam pakan ternak bebek. Pakan ini menjadi penunjang aktivitas bebek sehari-hari, termasuk memenuhi kebutuhan  bebek yang cenderung lincah dan aktif.

Dan energi juga menjadi bagian penting dari proses pembentukan telur. Selain energi juga menjadi unsur penting pembentukan massa daging. Karenanya asupan energi untuk ternak bebek jelas tidak boleh kurang.

Asupan energi dalam pakan ternak bebek dapat diperoleh dari sejumlah sumber seperti beras, jagung,  singkong, ubi, talas, sorgum, dedak padi, tepung roti dan banyak lagi. pemberian pakan buatan berupa nasi dan singkong juga bisa menjadi alternatif.

Pakan sumber protein

Selain makanan sumber energi, pakan ternak bebek juga harus kaya akan protein. Protein akan menjadi unsur utama dari pembentukan daging. Dan daging bebek nantinya akan berkualitas baik pada ternak bebek dengan asupan protein yang baik.

Protein juga diperlukan untuk membentuk telur. Elemen utama dari  kuning dan putih telur merupakan protein. Karenanya tanpa protein yang cukup telur akan terbentuk, namun dengan kualitas rendah atau bahkan sisi dalam yang tidak sempurna.

Beberapa sumber pakan ternak bebek yang mengandung kadar protein tinggi antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, bungkil, gluten meal, kelapa, tepung ikan, tepung daging, konsentrat, tepung tulang, dan lain sebagainya. Sejumlah konsentrat pabrikan juga diketahui kaya akan protein sehingga dapat dicampurkan pada pakan ternak buatan untuk meningkatkan nilai nutrisi.

Serat

Serat adalah elemen berikutnya yang juga perlu dihadirkan dalam pakan ternak bebek. Berbeda dengan protein dan energi yang kadarnya perlu tinggi. Serat sebenarnya tidak perlu dalam jumlah sangat besar, tetapi mutlak ada.

Ini membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan bebek juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh bebek. Selain karena serat memang baik untuk fungsi pencernaan. Biasanya memang makanan mengandung serat juga akan mengandung banyak vitamin yang baik untuk imunitas.

Sumber serat yang utama sebagai bahan baku pakan ternak bebek adalah sayuran. Anda bisa mencacah sayuran dan tanaman hijau sehat seperti kangkung, bayam dan daun talas untuk membantu memenuhi kebutuhan serat. Berikan dalam kadar kecil karena kelebihan sayur kurang baik juga untuk fungsi pencernaan bebek.

Mineral

Secara khusus mineral adalah elemen lain yang penting dan dibutuhkan oleh ternak bebek. Itu sebabnya asupan mineral harus ada dalam pakan ternak bebek. Adapun mineral yang dimaksud antara lain adalah kalsium, zat besi, kalium, magensium , mangan, yodium, natrium dan lain sebagainya.

Bebek termasuk hewan yang harus selalu dalam kondisi sangat cukup terhidrasi. Karenanya elemen mineral penting di sini untuk membantu mempertahankan kadar air dalam tubuh. Juga baik untuk menunjang aktivitasnya yang cenderung lincah.

Biasanya untuk kepentingan ini, pakan ternak bebek akan ditambahkan dengan voer, konsentrat, tepung tulang dan tepung ikan untuk mendongkrak kadar mineral dalam pakan.

Pakan ternak bebek memang menjadi salah satu faktor utama dalam keberlansungan kesuksesakan usaha ternak bebek yang akan anda lakukan. Namun masih banyak juga faktor faktor pendukung lainnya. Baca lebih lanjut untung rugi dalam melakukan usaha ternak bebek