Pengelolaan Pakan Bebek Petelur Untuk Produksi Telur Optimal

Pakan bebek petelur

Seperti apa sebenarnya teknik pengelolaan pakan bebek petelur yang tepat? Apakah nutrisi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang dan produktivitas bebek petelur?

Pakan adalah elemen paling krusial dalam sebuah usaha  ternak, termasuk pada usaha ternak bebek petelur. Pengelolaan pakan bebek petelur yang tepat akan membantu ternak bebek menghasilkan telur dengan lebih rutin dan berkualitas.

Pengelolaan pakan bebek petelur fase awal

Bebek pada usia 0 – 8 pekan akan masuk dalam kategori fase awal. Pada fase ini, bebek belum berada pada usia produktif. Pakan yang diberikan lebih ditujukan sebagai suport untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bebek.

Pada fase ini, pakan bebek yang tepat terdiri dari komponen protein sebanyak 18,7 %. Juga komponen asam amino serta mineral berupa metionyne dan cystin 0,69 %, lyssin 1,1%, Calsium 0,72 %, phospor 0,42 % dan Energi 3100 kkal/kg. 

Jumlah pakan yang diberikan pada bebek diberikan dengan peningkatan berat pakan setiap pekan.  Diawali dengan pakan sebanyak 15 gram setiap hari. Lalu meningkat 10 gram setiap minggunya sampai pada usia 8 minggu bebek bibit menerima pakan sebanyak 90 gram perhari.

Biasanya untuk usia bibitan semacam ini,  pakan yang khusus diproduksi dari pabrikan akan menjadi pilihan lebih mudah. Pilih pakan ternak bebek khusus usia bibit yang sudah disesuaikan kadar nutrisinya. karena pakan buatan rumahan sulit dipastikan kadar nutrisinya dengan pasti.

Pengelolaan pakan bebek petelur usia pertumbuhan

Usia bebek yang masuk dalam kategori usia pertumbuhan adalah 9 – 20 minggu. Pada fase ini, bebek bebek tidak hanya membutuhkan pakan untuk bertambah besar, tetapi juga mematangkan sejumlah organ penting, termasuk organ reproduksi. Jadi pakan pada usia ini akan berperan besar pada kemampuan produksi telur mereka nanti.

Pada fase ini, pakan bebek petelur akan mengandung elemen protein 15,4 %, juga kandungan nutrisi lain seperti metionyne dan cystine 0,57%, lyssin 0,9 %, Calsium 0,72 %, Phospor 0,36% dan Energi 2900 kkal/kg.

Hati-hati dalam pemberian pakan, supaya kadar lemak pada bebek tidak berlebihan. dikhawatirkan lemak justru akan mengendap pada fungsi reproduksi dan akan menghalangi kinerjanya di kemudian hari.

Pakan pada usia ini diberikan dalam jumlah 120 gram perhari. kemudian meningkat setiap 3 bulan sekali sebanyak 15 gram. Dan akan mencapai kisaran 165 gram perharinya pada usia bebek mencapai 20 pekan.

Padukan pakan dari jenis pabrikan dengan pakan tambahan, konsentrat dan pakan rumahan secara bertahap. berikan dosis ringan dulu supaya bebek dapat menyesuaikan diri. Tetap optimalkan pakan konsentrat dan pakan pabrikan karena dianggap lebih efektif mensuport fungsi kesuburan.

Pengelolaan pakan bebek petelur fase produksi

Secara umum, bebek akan dapat berproduksi ketika memasuki usia 6 bulan. Tetapi memasuki usia bebek 4 bulan, asupan bebek sudah dipusatkan untuk mensuport produksi telur, sehingga ketika kesuburan mereka sudah benar-benar matang dan siap menghasilkan telur, tubuh sudah sepenuhnya siap dan ternutrisi.

Pada fase ini bebek diberikan pakan tetap sampai akhir masa produksi mereka sebanyak 180 gram perhari. biasanya bebek akan berhenti berproduksi telur pada usia 1 tahun. Jadi setidaknya pakan tetap ini diberikan selama 8 bulan.

Pakan bebek petelur pada usia ini sebaiknya dioptimalkan dengan kandungan protein tinggi hingga 38%. Anda juga bisa mengganti pakan bebek petelur dengan pakan buatan sendiri dengan memadupadankan bahan dedak padi, jagung dan konsentrat dalam rasio 4 : 3 : 3.  Anda  bisa menambahkan kadar konsentrat bila dirasa produksi telur tidak optimal.

Tambahkan pakan pabrikan yang sudah diperkaya dengan mineral dan vitamin. Ini untuk membantu menjaga kesehatan bebek, meningkatkan daya tahan tubuhnya dan membantu meningkatkan kualitas cangkang telur.

Demikianlah gambaran mengenai pengelolaan pakan bebek petelur untuk sebuah usaha ternak bebek modern. Pemahaman yang tepat mengenai teknik pengelolaan pakan akan sangat berperan mendorong produktivitas produksi telur.

Baca juga Langkah Awal Memulai Usaha ternak Bebek

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.