Pakan Ayam Broiler Untuk Hasil Panen Optimal

Pakan ayam broiler

Cara tepat macam apa yang perlu dilakukan dalam pemberian pakan ayam broiler. Apa saja jenis pakan yang sesuai dengan usaha ternak ayam pedaging?

Salah satu penentu berhasil tidaknya usaha ternak terletak pada faktor pemberian pakan. Semakin baik dan berkualitas pakan yang diberikan, tentu semakin baik kualitas panen yang dihasilkan. Demikian halnya ketika bicara soal ternak ayam broiler dan peran pakan ayam broiler di dalamnya.

Dikatakan 70% porsi biaya operasional dari usaha ternak ayam broiler merupakan biaya penyediaan pakan. Ini menguatkan fakta bahwa peran pakan demikian besar untuk perkembangan ternak ayam broiler.

Lalu pakan ayam broiler itu sebenarnya seperti apa? Pakan yang bagaimana yang dapat diberikan untuk ternak ayam broiler. Formula terbaik yang semacam apa untuk mendukung pertumbuhan maksimal ternak?

Pakan untuk ternak ayam pada dasarnya terbagi berdasar jenis dan usia ayam. Adapun pakan ayam jenis ayam broiler untuk produksi daging akan berbeda dengan pakan untuk ayam petelur. Sedang pakan ayam untuk bibitan akan berbeda dengan ayam produksi dan ayam indukan.

Jadi sejak awal, selalu pastikan Anda telah memilih pakan yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Pisahkan pakan untuk bibit DOC dengan ayam untuk produksi. Supaya Anda tidak tertukar satu dengan yang lain.

Pakan tersebut sendiri di pasaran tersedia dalam dua bentuk. Pakan pabrikan dan pakan alternatif. Masing-masing dapat Anda berikan bergantian atau dipadukan dengan berimbang. Kita akan mencoba menguak masing-masing jenis pakan broiler ini.

Pakan ayam broiler pabrikan

Untuk Anda pelaku usaha ternak pemula, pakan pabrikan ini akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Karena sejak awal pabrik sudah memisahkan fungsi dari tiap jenis pakan. Jelas Anda dapat menemukan keterangan peruntukan tiap pakan. Biasanya pakan dibedakan berdasar usia, seperti pakan untuk DOC, indukan atau ayam produksi yang notabene adalah ayam usia remaja.

Pakan ayam jenis ayam broiler pabrikan juga dibedakan kandungan nutrisinya dan formulanya. Terdapat pakan konsentrat yang masih harus dicampurkan ke pakan lain. ini karena pakan konsentrat mengandung kadar protein sangat tinggi sehingga harus dicampur dengan pakan kaya serat dan karbohidrat seperti dedak atau jagung. Terdapat pakan dalam formula komplit yang siap diberikan tanpa perlu dicampur lagi.

Bentuk pakan juga berbeda-beda, ada yang berbentuk tepung, bulir pelet dan bulir halus atau scrumble. Biasanya, pakan ayam broiler berupa pelet dan bulir halus. Semakin kecil ukuran bulir artinya pakan ditujukan untuk ayam kecil.

Karena merupakan produksi pabrikan, lazimnya pakan dilengkapi dengan nutrisi tambahan yang terukur dengan baik, seperti mineral, tambahan protein hingga unsur serat tambahan. Terdapat pula label SNI untuk memastikan kualitas produk.

Pakan ayam broiler alternative

Pakan jenis ini diberikan sebagai tambahan atau pengganti pakan pabrikan. Atau kerap diberikan sebagai pakan ayam organik. Ini karena pakan jenis ini berasal dari bahan baku alami yang bebas unsur kimia.

Biasanya diperoleh dari limbah pertanian, limbah produksi makanan atau dari proses fermentasi khusus. Beberapa contoh pakan ayam broiler alternatif adalah ampas tahu, kacang tanah, kacang kedelai, daun kacang tanah, daging bekicot, tepung ikan, dedak, jagung, nasi aking, beras dan lain sebagainya. Campuran dari bahan-bahan ini dalam formula tepat dapat menghasilkan kadar protein dan energi yang kurang lebih menyamai produk pakan pabrikan.

Hanya saja proses pembuatannya kadang memakan waktu, seperti perlu dicacah halus, dikeringkan dan dicampur merata. Kini juga tersedia mesin pembuat pelet sehingga pakan buatan rumahan ini dapat dibuat menjadi pelet. Untuk lebih mudah dikonsumsi dan disimpan.Tetapi, pada dasarnya pakan alternatif ini tidak dapat disimpan lama, karena kadar kelembabannya kadang masih relatif tinggi dibanding produk pabrikan.

Ada banyak cara dalam pemberian makanan untuk ayam broiler. Selalu pastikan Anda memberikan formula yang tepat dengan kadar nutrisi yang sesuai kebutuhan ternak. Ini akan menjadi cara terbaik menghasilkan panen yang maksimal.

Baca juga Cara Terbaik Pengendalian Hama & Penyakit Ayam Broiler

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.