Membaca dan Memahami Arti Gerakan Telinga Kucing

Posted on

Arti Gerakan Telinga Kucing

Membaca dan Memahami Arti Gerakan Telinga Kucing – Kucing umumnya berdaun telinga tegak. Tidak seperti anjing yang mempunyai telinga yang terlipat ke bawah. kucing jarang ditemukan dengan bentuk telinga seperti itu. Telinga kucing berbentuk oval tegak dengan sisi atasnya runcing. Kedudukan telinga kucing lebih tinggi dibanding dengan kepalanya, berada di samping sisi atas pada kepala kucing. Telinga kucing mempunyai sedikit bulu di banding dengan tubuhnya. Ketebalan telinga kucing tipis, namun di dalam telinga kucing memiliki lebih dari 2 lusin otot yang memungkinkan kucing untuk memutarkan telinganya 180 derajat maju, mundur, naik dan turun. Ketika bergerak memutar, perputarannya tidak dapat melewati sisi bagian dalam atau mengarah kedalam dari kepala kucing. Perputarannya melewati sisi luar atau mengarah ke luar. Dengan bentuk seperti ini telinga kucing bagaikan piring radar yang digunakan untuk mengecek suara. Bukan sekedar untuk mendengarkan saja bagi kucing.

Bahasa Tubuh Dari Telinga Kucing

Telinga kucing adalah salah satu organ yang terpenting untuk kita mengetahui bahasa tubuhnya, memahami Mood Fluffy (Mood Kucing), di antaranya sedang santai, gelisah atau gugup, tertarik pada suatu hal atau waspada, agresif, ragu – ragu dan juga siap menyerang atau ketakutan. Berikut adalah beberapa tips dalam Membaca dan Memahami Arti Gerakan Telinga Kucing :

Telinga Kucing Saat Santai

Kucing yang santai ditunjukkan dengan telinga mengarah sedikit kedepan dan juga kesamping. Kucing dengan telinga seperti ini tidak dalam keadaan agresif ataupun ketakutan, melainkan memiliki rasa nyaman dan puas.

Telinga Kucing yang Ragu – Ragu

Kucing yang ragu – ragu biasanya ditunjukkan dengan keadaan telinga yang bergerak terpisah satu sama lain, artinya posisi dari 2 telinga kucing mengarah pada arah yang berbeda, namun perbedaan arahnya tidak terlalu jauh, sekitar 20 – 35 derajat. Dalam keadaan seperti ini kucing tidak yakin harus merespon bagaimana dari suara yang dia dengar.

READ  Mengenal Kucing Maine Coon - Sejarah, Ciri, dan Keunikan Karakteristiknya - Kucing Maine Coon

Telinga Kucing dalam Keadaan Agresif

Kucing akan memberikan isyarat telinga yang mengarah dari depan ke belakang di dalam keadaan agresifitas dari kucing meningkat. Jika telinga kucing posisi awalnya  dari tegak lurus menjadi mendatar penuh, artinya kucing tersebut dalam keadaan jengkel / terganngu, peringatan bagi hewan lain, atau memiliki peningkatan akan adanya rasa takut. Berbeda halnya dengan kucing yang telinganya sering berposisi mendatar penuh, ini kemungkinan kucing sedang menderita infeksi pada telinganya dan sebaiknya untuk segera di bawa ketempat dokter hewan terdekat.

Telinga Kucing dalam Keadaan Gelisah atau Gugup

Kucing yang dalam keadaan gelisah atau gugup ditunjukkan dengan  gerakan telinga kucing yang berkedut – kedut. Kedutan ini juga bisa menanandakan akan adanya masalah medis. Namun kucing yang dengan kedutan pada telinganya ini bila tidak ada masalah pada medis, biasanya kucing ingin diberi rasa nyaman dan aman oleh seseorang atau si pemiliknya.

Telinga Kucing dalam Keadaan Tertarik pada Sesuatu dan Waspada

Kucing yang mengerahkan telinganya lurus kedepan dengan posisi telinganya tegak dan juga postur tubuhnya kedepan menandakan kucing ini dalam keadaan sesuatu hal yang telah menarik perhatiannya atau waspada.

Telinga Kucing dalam Keadaan Menyerang

Kucing akan menyerang dengan posisi telinga sejajar dengan kepalanya yang mengarah ke belakang, ini berfungsi untuk melindungi telinganya dari gigitan dan cakaran saat perkelahian berlangsung. Kucing dengan posisi telinga yang sejajar kebelakang seperti itu juga bisa dalam keadaan antara ketakutan, defensive atau waspada dan agresif, yang biasanya kucing akan tiba – tiba menyerang.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa tips Membaca dan Memahami Arti Gerakan Telinga Kucing yang dapat membantu anda dalam memahami Mood Fluffy (Mood Kucing). Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat ya..

READ  Bagaimana Cara Mengawinkan Kucing Persia Yang Benar