Managemen Kandang Kambing

Managemen Kandang Kambing Modern

Posted on

Banyak peternak lalai dalam urusan managemen kandang kambing. Padahal kenyataanya, hal ini merupakan salah satu kebutuhan sangat penting pada usaha ternah kambing. Kandang merupakan rumah bagi para kambing, tempat mereka beristirahat, tempat berlindung dari pemangsa dan hal-hal lain yang mengganggu. Seperti halnya manusia, kambing juga perlu hunian yang bisa membuat mereka merasa nyaman dan aman.

Kandang juga merupakan tempat kambing makan dan minum, hingga bereproduksi. Selain itu, disana juga peternak harus mengelola kotoran dan kencing. Memang terdengar agak rumit, tapi jika Anda telah memahami konsep managemen kandang kambing yang baik dan benar, hal ini tak akan serumit yang dibayangkan.

Syarat Kandang Kambing Yang Baik

Pertama-tama, terlebih dahulu pahami bahwa kandang kambing yang baik harus setidaknya memenuhi beberapa syarat berikut, antara lain:

  1. Lokasinya cukup tinggi, sehingga tak akan terkena genangan air terlebih seusai hujan deras.
  2. Lokasinya jauh dari sumur dan rumah penduduk.
  3. Kandang harus terpapar sinar matahari pagi.
  4. Bukan tempat yang terkena angin langsung, terutama malam hari.

Jenis Kandang Kambing Modern

Untuk ternak kambing modern, jenis kandang yang direkomendasikan adalah jenis kandang panggung. Terdapat sejumlah keunggulan dari kandang jenis ini, antara lain:

  1. Kotoran dan air kencing kambing langsung jatuh ke tanah sehingga kebersihan kandang terjaga.
  2. Karena kotoran dan kencing langsung jatuh, kandang menjadi kering, sehingga terhindar dari parasite, bakteri atau jamur yang merugikan kesehatan dan pertumbuhan ternak kambing Anda.
  3. Karena posisinya yang tinggi, kandang lebih aman dari genangan air serta serangan pemangsa seperti anjing liar.

Ukuran Kandang Kambing yang Ideal

Jika lokasi kandang kambing Anda telah memenuhi syarat-syarat di atas, berikutnya Anda harus menentukan berapa ukuran yang ideal. Yang diperlukan bukanlah seberapa besarnya, tapi sebera efisienkah.

READ  Cara Mudah Memilih Bibit Kambing Etawa Berkualitas

Managemen Kandang Kambing

Untuk 10 ekor kambing, diperlukan setidaknya 3 X 1.5 meter kandang, lihat contoh pada gambar di atas. Ternak kambing modern tak memerlukan kandang kambing yang terlalu luas, sehingga bisa menghemat biaya dan memudahkan perawatan. Pakan ternak kambing modern sangat menghemat ruang, sehingga kandang yang luas tak lagi diperlukan.

Selain itu, kandang yang kecil dengan populasi kambing maksimal mampu membatasi ruang gerak ternak kambing Anda. Sehingga pada akhirnya pakan yang telah dimakan menjadi energy dan dijadikan daging dan lemak, dengan demikian jumlah kotoran akan berkurang.

Perawatan Kandang Kambing Modern

Meski ukurannya tak terlalu besar, kandang kambing modern tetap membutuhkan perawatan. Peternak tetap harus menjaga kebersihan kandang secara rutin. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain membersihkan tempat makan kambing, membersihkan lantai, melakukan perbaikan jika terdapat bagian yang rusak di kandang.

Semoga artikel mengenain managemen kandang kambing modern ini bermanfaat untuk semua pembaca, sukses selalu.