Langkah-Langkah Mengawali Bisnis Ternak Sapi

Posted on

Mengawali Bisnis Ternak Sapi – Bisnis ternak sapi sangat prospektif mengingat kebutuhan pasar akan komoditas ini selalu banyak. Produk dari sapi digunakan untuk banyak hal termasuk makanan olahan dan dikonsumsi secara langsung. Jika Anda berniat menekuni bisnis ternak sapi, berikut ini langkah-langkah mengawali bisnis ternak sapi yang harus Anda jalankan. Di awal perjalanan, memang akan sedikit menakutkan dan penuh keraguan. Namun jika dijalani dengan sabar dan langkah yang tepat, Anda pun bisa menikmati profit banyak dari bisnis ini.

Tetapkan Anggaran

Menetapkan anggaran di awal bisnis bertujuan untuk merencanakan kebutuhan apa saja yang pertama kali dibutukan sapi-sapi Anda sebelum mereka menjadi profit. Modal awal akan diwujudkan ke dalam beberapa hal, termasuk kandang sapi, bibit sapi, pakan sapi hingga ia siap dijual, hingga biaya untuk jaringan pengembangan usaha sapi. Anda perlu bergaul dengan sesama peternak sapi, mengikuti pelatihan dan seminar, bergabung ke dalam komunitas, dan itu tentunya membutuhkan biaya.

Memilih Jenis Sapi

Sapi yang hendak diternak terdiri dari beragam jenis antara lain sapi ongole, sapi Bali, sapi Limousin, sapi Brahman dan sapi Madura. Pelajari baik baik karakter setiap jenis sapi, kemudian tentukan mana yang hendak Anda ternak.

Menyiapkan Kandang Sapi

Pilihlah lokasi strategis sebagai tempat peternakan sapi agar sapi-sapi Anda sehat dan tidak stress. Luas lokasi harus sesuai dengan jumlah sapi yang hendak dikembanbiakkan. Usahakan lokasi harus jauh dari pemukiman warga dengan jarak setidaknya 10 meter dari rumah Anda. Usahakan juga terdapat lahan pertanian tak jauh dari kandang, dan dekat dari jalan raya sehingga mudah dijangkau kendaraan. Pastikan juga lokasi tersebut terpapar sinar matahari yang cukup. Beri sedikit halaman di depan kandang agar sapi-sapi bisa bermain di luar. Untuk membuat kandang sapi ukuran standar dengan kapasitas 25 ekor, Anda harus menyiapkan dana sekitar 50 juta rupiah.

READ  Belajar Sistem Kandang Sapi Potong

Membuat Kandang Sapi

Ada banyak jenis kandang sapi yang bisa Anda terapakan:

  1. Satu baris sejajar
  2. Dua baris berhadapan
  3. Mengelilingi kandang saling berhadapan atau saling berlawanan

Jenis kandang akan tergantung jumlah sapi yang hendak dikembangbiakkan. Ukuran kandang idealnya ialah 1,5 x 2 meter per sapi, sementara untuk pejantan idealnya 2,5 x 2 meter. Untuk betina dewasa, kandang ideal ialah 1,8 x 2 meter, sedangkan betis 1,5 x 1 meter. Jangan lupa pastikan kandang sapi memiliki cukup ventilasi.

Memilih Bibit Sapi

Dana, lokasi, dan kandang sudah siap. Saatnya memilih bibit unggul.  Bibit unggul ditandai dengan mata cerah dan bersih, hidung bebas lender, kulitnya bersih dan bulunya tidak rontok. Jangan lupa juga periksa daerah dubur sapi untuk memastikan ada tidaknya gejala diare. Setelah itu, buat silsilah jelas pada sapi dengan diberi tanda di bagian betisnya ataupun di telinganya.

Pemberian Pakan

Pakan yang baik mendorong pertumbuhan sapi-sapi Anda. Agar sapi tumbuh pesat dan gemuk, Anda bisa mencampurkan pakan hijau yang telah dikombinasikan dengan pakan konsentrat seperti kulit kacang kedelai, bekatul, ampas tahu maupun kulit nanas. Berat pakan ialah 2,5% dari berat sapi itu sendiri. Jangan lupa juga beri vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Anda bisa mencampurkan POC NASA pada pakan sapi.

Perawatan Sapi

Agar sapi Anda sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit, rawatlah dengan baik. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Karantina sapi baru datang
  2. Beri vaksin dan obat cacing
  3. Jaga kebersihan kandang sapi dengan teratur membersihkannya
  4. Buatlah atap yang teduh sehingga sapi terhindar dari cipratan air hujan.

 Pemeliharaan Sapi

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memelihara sapi Anda:

  1. Olah kotoran sapi menjadi pupuk kompos untuk menambah pemasukan.
  2. Pastikan tempat minum dan makan sapi jangan sampai kosong.
  3. Jika air minum sapi kotr, segera ganti yang baru.
  4. Agar air tak jatuh ke tempat makan, tempat minum dan makan sebaiknya dipisahkan dan diberi jarak.
  5. Anda harus tetap giat dan sabar memelihara sapi Anda.
READ  Cara Penggemukan Sapi Potong Secara Organik

Jika sudah 3 tahun, sapi-sapi siap dijual, saatnya Anda menikmati keuntungan dan menikmati jerih payah Anda merawat mereka. Ini juga merupakan saat yang tepat bagi Anda membuat perencanaan bisnis ternak sapi Anda di masa mendatang. Semoga informasi ini membantu.