Keunikan Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair

Keunikan Kucing British Shorthair – Sejarah Kucing British Shorthair berawal dengan kucing yang diimpor dari mesir yang menyertai orang – orang romawi ketika mereka menyerbu inggris. Setelah bangsa Romawi menyerang dan juga telah menguasai Inggris, pertanian di Inggris mulai di perbarui (dikembangkan). Seiring dengan hal tersebut, munculah suatu ide untuk melindungi kebutuhan hasil pertanian mereka dari tikus. Tentara Romawi menggunakan kucing untuk melindungi (menjaga) hasil dari pertanian mereka. Kucing tersebut digunakan sebagai kucing pekerja bukan dijadikan sebagai hewan kesanyangan.

Kucing British Shorthair telah berubah sedikit demi sedikit selama berabad – abad. Kucing ini pun dapat hidup dengan bebas di gudang pertanian yang sedikit pengaruh dari manusia. Populasi kucing ini pun mulai dapat berkembang dengan pesat. Namun ketika bangsa romawi meninggalkan inggris, inggris terisolasi pada bagian dunia lain. selama ratusan tahun tidak terdapat lagi kucing baru yang di impor. Semakin bebaslah kucing ini berkembang biak di inggris sehingga menghasilkan kucing dengan tubuh yang kokoh serta tebal dan juga disertai dengan bulu kucing yang indah.

Zaman semakin berkembang, perkembangan kucing pun semakin pesat dengan adanya perkembangbiakkan dari kucing persia antara tahun 1914 sampai 1918 yang memperkenalkan gen intelek. Kucing dengan bulu pendek tergolong dalam kucing jenis british shorthair dan kucing dengan gen intelek masuk ke program pemuliaan persia. Pada awalnya, kucing jenis british shorthair berwarna biru yang terdiri dari dua jenis yang berbeda. Inggris menampilkan kucingnya yang kokoh, dengan kepala bulat dan panjang, sedangkan Rusia menampilkan kucing yang elegan dengan bentuk kepala segitiga. Dua jenis ini terus berkompetisi bersama – sama dan akhirnya kompetisi berakhir dengan adanya perkawinan dua jenis kucing tersebut serta menghasilkan keturunan yang unik.

READ  Mengenal Kucing Maine Coon - Sejarah, Ciri, dan Keunikan Karakteristiknya - Kucing Maine Coon

Menelusuri nenek moyang kucing ini, ternyata kucing ini termasuk turunannya kucing roma dan menjadi salah satu ras kucing tertua. Setelah menjadi pemburu dan pelindung lumbung, sekarang Kucing British Shorthair mencakup kehidupan keluarga, lebih memilih menghindar dari api dan juga berburu demi bermain dengan tikus mainan.

Karakteristik Fisik

  • Tubuh

Secara umum kucing jenis british shorthair memiliki ukuran tubuh medium sampai dengan cukup besar dengan berat badan sekitar 4 kg sampai dengan 8 kg. Postur tubuhnya padat, kompak, kuat berotot di dada, cobby, dengan pinggul dan bahu yang lebar. Memiliki kepala yang berbentuk bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh (tembem). Memiliki hidung yang pesek namun lebar dan lurus tanpa ada lekukan dan dagu kucing jenis british shorthair ini berbentuk bulat. Kucing yang berjenis keamin jantan ukuran tubuhnya cenderung lebih besar jika dibanding dengan kucing betina. Kucing jantan memiliki berat rata – rata mencapai 5 kg sampai dengan 10 kg, sedangkan pada betina hanya dapat mencapai 5 kg sampai dengan 7 kg saja.

  • Telinga

Ukuran besar dari telinga kucing jenis british shorthair ini sedang namun lebar di bagian bawahnya, dengan bagian ujung telinganya melengkung. Memiliki jarak antara kedua telinganya dengan jarak sedang.

  • Mata

Mata kucing jenis british shorthair besar berbentuk bulat. Memiliki berbagai dari variasi warna yaitu gold, copper, green (odd eyes) dan juga blue. Akan tetapi meski memiliki berbagai warna bervariasi, warna emas (kuning tembaga) adalah warna terbaik (terindah) yang pernah ada.

  • Kaki dan Ekor

Meskipun ukuran kakinya tergolong pendek akan tetapi memiliki struktur tulang yang amat kuat, kokoh dan juga berotot. Bagian cakarnya terlihat membulat pada jari – jarinya. Memiliki ekor yang tebal, padat, tidak terlalu berbulu namun indah dengan ujung ekornya tumpul. Panjangnya kurang lebih sekitar  dari panjangnya, dengan tebal di bagian pangkal namun menipis di bagian ujungnya.

READ  Membaca dan Memahami Arti Gerakan Telinga Kucing

Demikianlah tadi pembahasn kita kali ini tentang sejarah dan keunikan dari Kucing British Shorthair. Semoga dapat menambah wawasan dan menjadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *