Kandang Bebek Petelur

6 Jenis Kandang Bebek Petelur Yang Dapat Digunakan (bag 1)

Posted on

Ketika bicara soal usaha ternak bebek petelur, maka salah satu aspek biaya yang cukup memakan modal awal adalah pembuatan kandang.  Dan ternyata terdapat beberapa jenis kandang bebek petelur yang dapat dipilih sesuai dengan kondisi lahan, lingkungan, cakupan usaha dan jumlah ternak yang Anda miliki.

Peran kandang bebek petelur pada sebuah usaha ternak bebek memang relatif besar. Dala usaha ternak modern, bebek tidak lagi dibiarkan lepas dan berkeliaran. Melainkan dikandangkan supaya dapat terpelihara dengan lebih baik. mendapatkan pakan dengan lebih efisien, terhindar dari penyakit dan terawasi dengan lebih baik. Perolehan panen juga lebih dapat dikelola dengan baik.

Di sisi lain, kandang merupakan pos biaya awal yang relatif besar. Mungkin akan memakan lebih dari separuh rasio biaya awal. Namun, berbeda dengan biaya operasional yang habis pakai, biaya pembuatan kandang akan memiliki nilai guna dalam jangka panjang.

Dan karena itulah, seorang pelaku usaha ternak bebek harus cukup hati-hati dalam membangun kandang bebek petelur. Salah-salah, kandang tidak sesuai dengan kondisi peternakan Anda.

Jenis kandang bebek petelur

Setidaknya ada 6 jenis kandang bebek petelur yang bisa Anda gunakan. Dan 6 pilihan tersebut antara lain adalah :

Kandang boks

Sebenarnya, ini adalah kandang yang diperuntukan bagi bebek kecil atau DOD, tepatnya untuk bebek pada usia 0-30 hari. desain kandang memang lebih kecil, menyesuaikan dengan DOD yang juga berukuran kecil.

Material biasanya terbuat dari kayu atau bambu, berbentuk kotak sempurna dan berkaki. Sengaja dibuat lebih tinggi demi menghindari predator.anyaman dibuat sedikit rapat menyesuaikan ukuran bebek, dengan alas berbentuk anyaman rapat, biasanya terbuat dari kawat ram atau kassa. Lubang di atas diharapkan memudahkan kotoran bebek turun ke bawah kandang tanpa mengotori alas kandang.

Biasanya di dalam kandang dilengkapi dengan semacam nampan kecil untuk tempat pakan. Dipilih nampan yang berbentuk lebar supaya bebek kecil mudah untuk makan.Kandang dilengkapi dengan tutup dan tata cahaya hangat untuk membantu menghangatkan kandang di malam hari.

Kandang panggung

Kandang bebek petelur jenis ini sekilas akan mengingatkan dengan kandang sejenis untuk ayam. Kandang dibuat tinggi berkaki dengan alas berlubang dari anyaman bambu yang longgar. Lubang di alas dibuat supaya kotoran ayam jatuh ke bawah dan tidak tergenang di alas kandang.

Kandang jenis ini cenderung mahal karena kerumitan pembuatan. Tetapi pemeliharaannya terbilang mudah, karena proses pembersihan kandang tidak terlalu rumit. Secara tradisional beberapa peternak beranggapan cara ini membuat bebek tidak nyaman. Karena alaminya bebek hidup dengan banyak beraktivitas menggunakan tanah.

Kandang bebek baterai (sangkar)

Konsep dari kandang bebek petelur ini adalah menyediakan kandang yang dibuat berjejer dan bersusun dalam satu ruang atau lahan. Dianggap sebagai cara praktis untuk memelihara ternak dalam lahan kecil karena susunan sangkar dapat memaksimalkan ruang dengan baik.

Biaya pembuatan kandang model demikian relatif tinggi. ini karena proses pembuatannya juga rumit. Material yang digunakan biasanya dari bambu, meski beberapa orang menggunakan material besi.

Alas dari kandang berupa anyaman bambu longgar sehingga kotoran akan jatuh ke bawah.  Ini membantu menjaga kandang lebih bersih. Bebek di pelihara dalam kandang kecil-kecil, berkelompok atau sendiri-sendiri. Di satu sisi cara ini membantu menurunkan resiko penyakit. Juga dianggap lebih efektif dan aman untuk menyelamatkan telur yang berhasil di produksi.

Masih ada 3 lagi model kandang yang dapat Anda coba untuk usaha ternak bebek petelur Anda. Temukan informasi lebih lanjut seputar kandang bebek petelur yang lain dalam ulasan kami berikutnya. Hal ini juga akan menjadi pertimbangan dalam menganilisis usaha ternak bebek petelur.