6 Jenis Kandang Bebek Petelur Yang Dapat Digunakan (bag 2)

Kandang Bebek Petelur

Kandang dalam sebuah usaha ternak berperan besar untuk menentukan keberhasilan usaha. Maka dari itu perlu mempertimbangkannya sebelum melihat untung rugi dalam melakukan ternak bebek. Bukan sekedar sebagai tempat dimana ternak hidup. Tetapi juga menjadi bagian penting dalam proses produksi dan turut menentukan tingkat produktivitas. Sebagaimana kita temukan dalam usaha ternak bebek petelur. Bahwa ada beberapa jenis kandang bebek yang lazim digunakan dan dianggap efektif untuk produktivitas bebek petelur.

Jenis Kandang Bebek Petelur

Kandang postal

Pada dasarnya kandang postal merupakan sebuah kandang ekstra besar dengan satu atap tunggal. Bentuknya jadi seperti hall besar dengan dinding sebagian berupa kawat ram atau anyaman bambu. Biasanya di dalam kandang besar ini terdapat beberapa sekat ruang kandang yang ditujukan sebagai pembagian usia ternak. Jadi setiap kelompok usia dipelihara terpisah untuk memudahkan proses perawatan.

Kandang biasanya menggunakan alas tanah atau semen. Tetapi juga dapat menggunakan alas litter berupa sekam, serbuk kayu gergaji atau jerami kering yang dihaluskan. Ada pula jenis kandang postal semacam ini yang dibuat semi panggung. Jadi alasnya tetap berupa alas berlubang sehingga kotoran tidak mengendap di alas.

Secara umum, jenis kandang bebek semacam ini relatif populer di kalangan pelaku usaha bebek dalam skala besar. Terpusatnya seluruh aktivitas ternak menjadi alasan jenis kandang bebek ini dipilih. Penyatuan seluruh kegiatan memberi efek efisiensi waktu dan tenaga.

Keburukan dari jenis kandang bebek ini adalah koneksi antara bebek yang demikian kuat, sehingga ketika satu bebek terserang penyakit, dengan cepat menular ke bebek lain.

Pemeliharaan bebek dalam kandang postal juga membuat proses panen telur akan berlangsung sedikit berat, karena  bebek cenderung meninggalkan telurnya begitu saja tergeletak di alas kandang. Tidak seperti ayam yang lebih teratur. Telur bisa terinjak oleh bebek lain yang lalu lalang.

Kandang ren

Pilihan kandang ren biasanya dipiih untuk mereka dengan modal terbatas. Di sini disediakan sebuah kandang berukuran kecil sebagai tempat bebek istirahat saat hujan dan malam hari. sedang di sisi muka kandang tertutup terdapat area terbuka yang dikelilingi pagar. Bebek bebas berkeliaran dalam area dalam pagar.

Konsep jenis kandang bebek ini sejatinya beradaptasi dengan naluri unggas ini untuk berkeliaran dan berlarian dalam keseharian. Cara ini juga oleh beberapa pakar dianggap sehat karena membuat bebek ternak mendapatkan paparan sinar matahari dengan sepuasnya.

Dewasa ini mulai dikembangkan jenis kandang bebek yang menyatukan konsep kandang postal dengan kandang ren. Dimana dibuat sebuah kandang besar bersekat-sekat dan di sisi mukanya terdapat kandang terbuka dengan pagar untuk melindungi bebek keluar sembarangan.

Kandang kering

Metode pembuatan jenis kandang bebek ini dianggap sebagai pilihan kandang yang populer di kawasan perkotaan. Dianggap efektif memanfaatkan lahan dan membantu meredam aroma tidak sedap dari kandang.

Sebenarnya, konsep dasarnya serupa dengan pembuatan kandang ren. Hanya saja dibuat lebih kering dan bebas tanah. Jadi alas biasanya dipilih dari material tahan air seperti semen untuk memudahkan proses pembersihan.

Tidak menggunakan alas dari material liiter atau tanah dianggap sebagai pilihan tepat karena litter dan tanah mudah sekali menyerap air dan kotoran. Kandang langsung terhubung dengan saluran air, sehingga ketika kandang disiram dengan air, kotoran berikut dengan air akan masuk ke saluran air tanpa tergenang.

Jenis kandang bebek semacam ini dianggap juga efektif membantu mendapatkan panen telur yang lebih bersih. Dan dianggap efektif pula meminimalisir penyakit pada bebek ternak.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.