Jenis Kambing Peranakan Yang Unggul Untuk Ternak Kambing Potong

Jenis kambing peranakan

Berikut merupakan beberapa contoh jenis kambing peranakan yang banyak dibiakan sebagai ternak kambing potong varietas unggulan.

Sebelumnya, kita sudah membahas beberapa jenis kambing pedaging yang memiliki garis keturunan murni dan lazim diternakan sebagai kambing potong. Tetapi belakangan dalam industri kambing potong juga dikenal sejumlah jenis kambing peranakan dengan varietas unggul.

Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang sejumlah jenis kambing dengan keunggulan terbaik. Menghasilkan jenis kambing peranakan unggul yang akan meningkatkan efisiensi usaha budidaya Anda. Dan beberapa jenis kambing peranakan terbaik tersebut antara lain.

Kambing Gumbolo

Jenis kambing peranakan satu ini punya banyak nama, seperti kambing Jawarandu, kambing Bligon, Racukan dan banyak lagi. Merupakan kambing hasil perkawinan silang antara jenis etawa dengan jenis jawa kacang. Menghasilkan kambing berpostur sedang, lebih tahan penyakit, dengan produksi susu yang relatif sedang.

Bobot kambing Gumbolo ini di kisaran 40 – 55 kg perekornya. Setidaknya separuh dari bobot kambing etawa. Pengaruh dari kambing kacang lebih dominan sehingga posturnya lebih kecil. Jenis ini banyak dipilih, karena dianggap lebih mudah dipelihara, tidak rentan dan lebih mudah dijual karena ukurannya yang sedang.

Kambing PE

Masih merupakan hasil perkawinan kambing kacang dengan kambing etawa. Tetapi, di sini kambing betina dipastikan diperoleh dari Etawa bibit unggul turunan murni. Sehingga pengaruh etawa lebih kuat. Biasanya posturnya sedikit serupa dengan Etawa, bahkan bobotnya bisa mencapai kisaran 90 kg.

Inovasi ini menghasilkan tampilan jenis kambing peranakan  yang hampir serupa dengan etawa namun dalam ukuran lebih kecil. kambing PE atau Peranakan Etawa ini juga diklaim lebih tahan penyakit dari Etawa. Juga dapat menghasilkan susu mendekati produksi etawa.

Kambing Boerawa

Kambing boerawa adalah hasil perkawinan silang antara kambing Boer dengan etawa. Nama Boerawa menjadi simbol dari jenis kambing berperawakan besar, dengan hasil daging melimpah dan penggemukan yang cepat. salah satu dari jenis kambing peranakan yang paling terbaik untuk ternak kambing potong.

Jenis kambing peranakan ini memiliki tubuh cepat besar dalam tempo lebih singkat. Kadang juga dipanen lebih cepat pada usia belum genap 1 tahun untuk mendapatkan daging kambing muda yang belakangan digemari di dunia kuliner.

Hanya belakangan kambing Boerawa juga muncul kelas 2 dengan ukuran lebih kecil. hasil perkawinan antara kambing boerawa dengan kambing PE. Hasilnya relatif hampir sama, tetapi postur kambing jenis ini lebih kecil. jenis kedua ini lebih banyak dikembangkan di kawasan Sumatera.

Kambing Saanen Peranakan

Aslinya kambing Saanen adalah kambing impor dari Swiss. Kambing ini berpostur besar, agak pipih dengan hasil susu mencapai 5 liter perhari. Tetapi jenis turunan murninya akan sulit beradaptasi di suhu tropis, sehingga  lebih dapat hidup di kawasan pegunungan di Indonesia.

Kemudian berkembang Saanen peranakan yang berasal dari perkawinan Saanen murni dengan peranakan etawa. Hasilnya adalah kambing berpostur besar, dengan hasil susu lebih baik dan sangat cocok digunakan sebagai ternak kambing potong dan susu sekaligus.Bobot dari jenis Saanen peranakan ini sekitar 95 kg pada pejantan dan sekitar 70 kg pada betina.  Produksi susunya juga tinggi mencapai kisaran 4 – 5 liter perhari.

Ciri fisik dari kambing ini adalah tubuh dan kepalanya yang sedikit pipih, dengan muka segitiga dan runcing Telinganya sangat lebar dengan kaki ramping. Postur tubuhnya besar dan biasanya berbulu pucat. Pada jenis betina, area puting susunya terlihat dominan, karena memang produksi susunya berlimpah.

Kambing Kosta

Kambing satu ini aslinya juga merupakan hasil perkawinan antara kambing lokalan dengan kambing Khasmir khas India. Hasilnya adalah kambing dengan postur lebih tegak, sedikit besar dan terlihat sangat kokoh. Bulunya sedikit tebal, biasanya berwarna hitam dengan garis coklat simetris di wajah. Terlihat pula kakinya ramping berotot dengan tanduk kecil di kepala.

Banyak ditemukan di kawasan Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Jenis kambing peranakan satu ini memiliki bobot yang bisa mencapai kisaran 50 kg untuk jenis jantan. Meski berukuran tidak terlalu besar, daging dari kambing kosta ini lebih banyak sehingga disukai sebagai ternak kambing potong.

Itulah beberapa contoh jenis kambing peranakan yang banyak dibiakan sebagai ternak kambing potong. Jenis kambing peranakan ini dikawinkan silang demi mendapatkan varietas unggul dengan hasil daging lebih banyak dan cepat. Juga lebih tahan penyakit serta iklim khas Indonesia yang tropis.

Baca juga : Tips Pemberian Pakan Kambing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.