Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Dan Tipsnya

Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan komoditi sangat populer di Indonesia. Bagaimana cara mudah ternak ayam kampung? Sehingga peternak bisa meraih keuntungan besar dan meningkatkan taraf hidupnya. Di dalam artikel ini, kita akan bahas cara efektif ternak ayam kampung yang perlu Anda ketahui.

Sebenarnya ada sejumlah cara mudah ternak ayam kampung yang bisa Anda aplikasikan. Berikut ini kami sajikan 2 cara yang paling populer.

Ternak Ayam Kampung Sistem Umbaran

Sistem umbaran artinya ternak ayam kampung dengan cara dilepas atau diumbar. Dengan kata lain, ayam dibiarkan bebas dan berkeliaran di kebun atau di pekarangan rumah. Mereka hanya dikandangi jika hari sudah sore. Sehingga fungsi kandang sejatinya hanya untuk berteduh saja dari hujan dan malam yang dingin. Yang juga pada akhirnya Anda cukup menyediakan kandang minimalis. Untuk ayam kampung betina, kandang juga dijadikan tempat bertelur dan mengerami telurnya.

Jika Anda tinggal di pedesaan, cara ini akan sangat efektif. Ayam akan lebih tahan terhadap penyakit, serta biaya pakan lebih murah karena ayam mencari makannya sendiri di alam bebas. Sayangnya, ternak ayam kampung cara ini membuat ayam asal-asalan berkembang biak, bahkan tidak intensif. Juga, ayam akan lebih liar dan sulit dikandangi.

Ternak Ayam Kampung Semi Intensif

Cara kedua ini sebenarnya tak jauh beda dengan cara pertama. Bedanya, jangkauan ayam untuk berkeliaran lebih kecil. Anda bisa memberi pagar, sehingga ayam tak berkeliaran ke luar wilayah yang telah ditentukan. Sistem ini memungkinkan ayam bergerak lebih sedikit, sehingga daging dan lemaknya lebih banyak.

Ternak ayam kampung dengan cara ini juga tetap memerlukan kandang sebagai tempat ayam berlindung. Anda juga bisa mengisi satu ayam jantan yang disatukan dengan beberapa ayam betina dalam satu kandang agar berkembang biak lebih cepat. Saat ayam bertelur, Anda bisa memisahkan anak ayam yang telah menetas dari induknya. Sayangnya, sistem memerlukan pakan lebih banyak.

READ  Potensi Pasar Usaha Ternak Ayam Broiler

Tips Ternak Ayam Kampung

Berbeda dengan ayam pedaging yang telah diberi obat atau vaksin, ayam kampung biasanya tak diberi obat yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuhnya. Maka dari itu, peternak perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Bersihkan kandang ayam kampung secara teratur agar kandang tak jadi sarang penyakit yang menghambat pertumbuhan.
  2. Berikan ayam makanan secara teratur. Disarankan sekali-kali memberi vitamin.
  3. Penting adanya untuk memilih indukan ayam kampung yang sehat dengan postur tubuh baik serta intens berkembang biak.
  4. Pisahkan anak ayam dari ayam dewasa agar pertumbuhannya tak terganggu.
  5. Saat hendak menjual ayam kampung, jangan menjual indukan berkualitas bagus yang sering bertelur. Disarankan menjual ayam yang jarang berkembang biak.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *