Tips Mudah Memilih Bibit Sapi Unggul

Bibit sapi unggul

Bagaimana cara mudah dan efektif menemukan bibit sapi unggul? Bagaimana memahami ciri-ciri dari bibit sapi unggul?

Kita akan kembali membahas soal tips untuk memulai usaha sapi potong. Bila sebelumnya kita sudah membahas soal teknik perkandangan dan sejumlah poin penting memulai usaha. Kita akan mencoba melihat pula bagaimana cara mendapatkan bibi sapi unggul untuk awal usaha ternak Anda.

Bisnis peternakan sapi potong adalah salah satu jenis usaha agri yang memiliki potensi besar. Tingginya permintaan daging sapi di Indonesia, belum lagi sejumlah tradisi lokal dan keagamaan yang mendorong peningkatan permintaan di pasar pada musim tertentu dapat semakin mendorong potensi keuntungan. Potensi ini tentu saja sayang Anda lewatkan.

Akan tetapi memulai usaha ternak sapi potong jelas bukan perkara sederhana. Anda perlu memastikan Anda benar-benar memahami apa yang sedang Anda mulai. Termasuk di antaranya Anda benar-benar harus memastikan Anda mendapatkan bibit unggu, sehat dan berkualitas.

Meski bukan satu-satunya aspek penentu, tetapi peran bibit sapi unggul begitu besar untuk menentukan usaha Anda berjalan baik. Anda tentu tidak mau kecewa di belakang akibat bibitan yang buruk, karena biasanya mereka juga akan menghasilkan panen yang tidak optimal.

Pada umumnya, bibit sapi unggul adalah anakan sapi pada usia kisaran 2 – 3 tahun. Anakan sapi semacam ini lebih dipilih karena sapi pada usia ini dijual dengan harga relatif miring. Tetapi tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk menunggu dewasa dan panen atau dijual untuk pemotongan.

Adapun ciri-ciri bibit sapi yang masuk dalam kategori sapi unggul yang perlu menjadi catatan Anda adalah sebagai berikut :

  • Bentuk tubuh sapi terlihat proporsional, terlihat berisi, tetapi tidak terlalu gemuk.
  • Anda bisa merasakan kokohnya kerangka dan otot sapi ketika memijat tubuhnya.
  • Tidak terlihat adanya cacat  bawaan yang menunjukan ukuran asimetris.
  • Matanya terlihat segar, tidak merah, tidak layu, dengan bulu mata kering dan pendek.
  • Perhatikan seluruh permukaan kulit sapi, hindari anakan yang tampak memiliki luka atau borok.
  • Hindari bibit sapi dengan perut besar, karena di usia muda seharusnya sapi belum membesarkan ukuran perutnya. Bisa jadi mereka justru cacingan.
  • Pilih sapi dengan pantat dan dada berukuran besar, karena ini dipercaya menunjukan bakat sapi untuk mudah digemukan.
  • Perhatikan alur nafasnya, pastikan nafasnya teratur dan tidak terlihat sesak atau bernafas pendek.
  • Bila mungkin perhatian kotorannya, pastikan bentuk kotorannya normal, tidak terlalu cair atau terlalu padat
  • Anak sapi seharusnya memang sedikit lebih aktif dari sapi dewasa. Jadi hindari bibit sapi yang terlihat loyo dan terlalu diam.

Itulah tadi beberapa ciri bibit sapi unggul yang dapat menjadi panduan Anda  memulai usaha ternak sapi. Hanya saja tentu Anda perlu memastikan untuk menemukan sumber yang tepat dimana Anda bisa medapatkan bibit sapi unggul yang sehat dan benar-benar pilihan.

Adapun cara-cara sederhana mendapatkan bibit sapi unggul adalah sebagai berikut:

Menghubungi peternakan besar

Biasanya mereka memiliki beberapa stok indukan yang akan menghasilkan beberapa ekor anakan sapi. Anda bisa mendapatkan pilihan sekaligus di sini. Selain tentu saja biasanya hasil peranakan yang dihasilkan sudah terbukti. Karena biasanya anakan sapi yang mereka jual berasal dari indukan yang sama untuk bibit sapi yang mereka kembangkan.

Mendatangi pasar hewan

Di beberapa daerah pada hari-hari tertentu, ada pasar hewan besar-besaran dimana para pemilik bibit sapi yang masuk dalam kategori unggul akan berdatangan dari berbagai penjuru menjual anakan mereka. Anda akan menemukan banyak pilihan bibit sapi unggul dari beragam jenis dan kondisi serta harga.

Temukan sendiri indukan

Bibit sapi unggul juga bisa Anda peroleh dengan menyewa khusus sapi indukan unggul dari peternak lain. Bisa dengan membeli sperma dari sapi mereka dan kemudian disuntikan pada betina yang juga diunggulkan.  Dengan memilih sendiri indukan berkualitas untuk anakan sapi Anda, besar kemungkinan Anda akan memperoleh bibit sapi unggul.

Itulah beberapa cara untuk Anda bisa mendapatkan bibit sapi unggul. Selalu pastikan Anda tidak sembarangan memilih bibit sapi, karena ini akan menjadi titik tolak awal usaha Anda. Menjadi penentu awal keberhasilan usaha ternak Anda ini.

Baca juga : Tips Mudah Sukses Usaha Ternak Sapi Potong

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.