budidaya ayam cemani
budidaya ayam cemani

Analisa Usaha Budidaya Ayam Cemani

Posted on

Bagaimana potensi dan analisa usaha dari budidaya ayam cemani? Berapa potensi keuntungannya? Temukan jawabannya di sini.

Pada kesempatan sebelumnya di sini kami sudah mengulas mengenai gambaran peluang dari usaha ternak ayam cemani. Bagaimana budidaya ayam cemani dapat mendatangkan keuntungan dari langkanya peternak ayam yang menyediakan ayam cemani di pasaran dan dari tingginya nilai jual dari ayam cemani.

Tapi bagaimanakah gambaran lebih jelas dari peluang usaha budidaya ayam cemani ini? berapakah modal awal yang Anda butuhkan? Dan sejauh mana keuntungan yang dapat Anda keruk? Berapa lama balik modal bisa Anda peroleh?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami akan membantu Anda mendapatkan gambaran seperti apa analisa usaha dari budidaya ayam cemani sebagaimana berikut ini.

Untuk memulai usaha, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah lokasi peternakan. Usaha budidaya ayam cemani memiliki tantangan tersendiri, karena di satu sisi ayam ini berkarakter ayam kampung yang cenderung suka dibiarkan hidup bebas. Sedang di sisi lain ayam ini terbilang mahal, sehingga perlu Anda lindungi dari pelaku pencurian.

Jadi, pastikan membuat kandang dengan fungsi ganda. Ayam bisa berkeliaran bebas dalam area peternakan dengan sebuah kandang semi tertutup untuk memberi ayam kenyaman saat udara panas, hujan dan di malam hari.

Kemudian pagari seluruh kandang dengan baik supaya kawasan peternakan bebas dari ancaman pencurian. Beberapa pelaku usaha sengaja menyatukan peternakan dengan rumah supaya pengawasan dapat dilakukan langsung.

Kandang sebaiknya dibuat dengan litter atau malah untuk alasan kebersihan dapat menggunaan kandang dengan alas bilah kayu. Sehingga kotoran tidak terendap di dasar kandang, melainkan langsung jatuh ke terpal yang dipasang di bawah kandang.

Sediakan pula tempat penetasan telur dan kandang khusus DOC. Hanya saja DOC cemani dikenal sangat rentan. Jadi pastikan suhu relatif hangat dengan menggunakan penghangat dan lampu. Panaskan kandang di sinar matahari sampai pukul 10 pagi supaya kelembaban kandang tidak tinggi, tetapi kemudian pindahkan ke tempat teduh supaya kandang tidak terlalu panas.

Lepas usia 1 bulan ayam cemani sudah dapat dipanen. Para kolektor kadang memilih membeli ayam cemani muda ini untuk memeliharanya hingga besar. Biasanya harga ayam cemani muda ini berada di kisaran 100 – 200 ribuan.

Selain itu, kolektor juga tertarik dengan ayam cemani dewasa dengan tampilan yang menarik. Biasanya ayam jenis ini sudah mendapatkan perawatan khusus sehingga bulunya tampak berkilau dengan bentuk tumbuh yang proporsional dan warna yang legam.

Selain kandang, persiapkan pula beberapa hal penting lain seperti suplai pakan, air bersih, tenaga kerja untuk kebersihan kandang dan pemberian pakan. Beberapa ayam cemani mungkin juga perlu mendapatkan perawatan extra dengan dimandikan dan mendapatkan minyak khusus. Supaya bulu hitamnya tampak berkilau sempurna. Bulu yang indah akan meningkatkan harga jual ayam di mata kolektor.

Berikut adalah gambaran modal awal yang perlu Anda siapkan dalam budidaya ayam cemani

Kandang4.000.000
Peralatan makan dan minum300.000
Peralatan kandang1.000.000
Peralatan kebersihan200.000
Peralatan lain-lain500.000
Total modal awal6.000.000

Biaya operasional 1 tahun

Pembelian bibit ayam (30 ekor DOC)2.000.000
Pakan4.000.000
Biaya penyediaan listrik1.500.000
Biaya tenaga kerja6.000.000
Biaya kebersihan1.500.000
Biaya lain-lain2.000.000
Total17.000.000

Pada saat panen setelah ayam siap dijual, sisakan sebagian besar ayam untuk indukan. Ini artinya dalam beberapa bulan ke depan Anda akan memilikia dua kali panen, panen ayam anakan usia 1 bulan  dan panen ayam dewasa.

Bila Anda menjual 14 ekor ayam cemani dalam harga pasaran 1jutaan perekor. Juga menjual ayam anakan usia 1 bulan sebanyak 20 ekor. Maka pendapatan Anda di akhir masa panen sebesar :

20 ekor ayam dewasa x 1.000.00020.000.000
20 ekor anakan x 200.0001.000.000
Total biaya18.000.000
Keuntungan panen pertama4.000.000

Gambaran ini tentu saja mengabaikan fakta bahwa ayam cemani dapat terjual pada harga fantastis. Sementara Anda juga masih memiliki 10 ekor ayam yang siap menjadi indukan dan siap menghasilkan DOC dan ayam cemani dewasa di kemudian hari. ayam cemani akan produksi telur secara berkala selama setidaknya 3 – 4 tahun setelah masa produksi pertama.  Artinya kontinuitas hasil dari usaha budidaya ayam cemani ini masih akan Anda dapatkan dari pembelian DOC pertama Anda selama kisaran 3 -4 tahun ke depan.

Kenali juga salah satu jenis ayam unik, yaitu ayam arab.