Jokowi: Januari Mulai Vaksinasi, Kita Akan Kembali ke Situasi Sebelum Pandemi

 

Presiden Jokowi sesumbar menyebut, situasi saat ini akan kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia. Jokowi menilai kondisi normal akan kembali saat vaksin corona sudah ditemukan.

Menurut dia, pemberian vaksin corona akan dimulai pada Januari 2021. Hal itu diungkapkan Jokowi di hadapan para pedagang yang menerima Bantuan Modal Kerja di Halaman Tengah Istana Merdeka, Jakarta.

"Ini pasti ada akhirnya kok. Tinggal vaksin sudah ketemu, perkiraan nanti kira-kira bulan Januari sudah mulai vaksinasi nanti, itulah namanya kita akan kembali situasi sebelum pandemi," kata Jokowi, Rabu (19/8).

Untuk saat ini, Jokowi menjelaskan, uji coba sudah dilakukan ke sejumlah relawan. Jokowi berharap masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam menemukan vaksin.

"Satu saat nanti kita akan kembali ke normal. Kita baru proses vaksin, baru selesai uji klinis ke 3, sudah dicoba ke relawan manusia. Kita harapkan syukur kalau doa bapak ibu, maju bisa lebih cepat, tidak Januari, tapi lebih cepat bisa. Alhamdulillah kita syukuri," ujarnya.

Saat ini, Jokowi meminta semua pihak untuk bekerja lebih keras lagi agar bisa bertahan dalam pandemi corona.

"Sebelum ketemu vaksin kita harus bekerja keras," tandasnya.