Jokowi Bagikan Bantuan Modal Kerja untuk 9,1 Juta Pedagang Minggu Depan


 Presiden Jokowi kembali membagi-bagikan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada kelompok pedagang di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/8).

Acara tersebut dihadiri pedagang dari berbagai jenis usaha seperti pedagang asongan, pedagang keliling, hingga pedagang kaki lima. Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta.

Jokowi berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para pedagang di masa pandemi COVID-19.

"Bapak, ibu sudah dapat ini, sudah kan? Di dalamnya ini ada Rp 2,4 juta yang bisa bapak ibu pakai tambahan modal kerja darurat di masa pandemi ini. Rp 2,4 juta. Kalau kurang serupiah ngomong saya," kata Jokowi.

Jokowi mengakui masyarakat Indonesia, khususnya pedagang, mengalami kesusahan karena pandemi virus corona. Apalagi pandemi berdampak pada penurunan omset.

Oleh karena itu, Jokowi juga menjanjikan bantuan lainnya. Dia mengungkapkan akan memberikan modal kerja darurat yang diberi nama Banpres Produktif untuk 9,1 juta pedagang.

"Jadi pemerintah nanti minggu depan akan membagikan yang namanya modal kerja darurat, namanya Banpres Produktif sebanyak totalnya kepada 9,1 juta pedagang pengusaha kecil dan mikro," ungkapnya.

"Untuk tambahan modal kerja pada para pengusaha kecil. Karena kita tahu dalam pandemi ini kita merasakan betapa sulitnya. Bukan hanya kecil, menengah dan lain-lain," imbuhnya.

Untuk itu, Jokowi meminta semuanya bekerja lebih keras lagi agar bisa bertahan sebelum kondisi negara kembali normal lagi.

"Kita harus bekerja keras agar bekerja normal sebelum situasi pandemi COVID-19 (kembali normal)," tandasnya.