Cara Penggemukan Sapi Potong Secara Organik


Terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhi penggemukan sapi. Yang paling penting ialah pemberian pakan. Luas kandang, perawatan sapi serta umur dan kondisi sapi menjadi faktor lainnya yang juga harus diperhatikan. Di dalam artikel ini akan kita bahas mengenai penggemukan sapi yang efektif secara organik.

Ada berbagai cara penggemukan sapi, salah satu yang cukup populer dan terbukti efektif ialah dengan cara kereman. Kerem merupakan Bahasa jawa yang artinya sapi dibiarkan di kandang tak berkeliaran. Cara ini selain efektif menggemukan sapi, juga memberi nilai tambah karena kotoran yang dihasilkan.

Cara Penggemukan Sapi Teknik Kereman

  1. Sapi dikandangkan seperti biasa (tidak dibiarkan berkeliaran)
  2. Jangan batasi air minum dan pakan sapi
  3. Beri pakan hijauan dan konsentrat
  4. Sapi dibiarkan diam, tidak dipekerjakan
  5. Beri suplemen dan obat cacing untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh sapi
  6. Lakukan proses penggemukan ini selama 100 hari.

Pemberian pakan dan suplemen yang tepat sangatlah penting sehingga proses penggemukan sapi hanya berlangsung 100 hari. Sapi akan tumbuh sehat dan optimal. Tanpa pakan dan suplemen tepat, waktu penggemukan akan lama sekali dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Suplemen yang baik berasal dari bahan organik, salah satunya suplemen organic cair GDM spesialis ternak. Suplemen setidaknya harus mengandung 5 bakteri baik yang akan mempercepat proses penggemukan dan pertumbuhan sapi.

Pakan Ternak Sapi

Agar sapi mencapai bobot maksimal lebih cepat, dibutuhkan pakan yang banyak protein. Pastikan Anda memilih pakan bermutu untuk sapi-sapi Anda, sehingga sapi akan mencapai bobot maksimal lebih cepat. Pakan yang tepat juga efektif menjadi daging dan lemak ketimbang menjadi kotoran. Berikut ini beberapa tips yang wajib diperhatikan saat memilih pakan sapi:

  1. Kaya akan zat gizi
  2. Harganya layak dan selalu tersedia kapanpun
  3. Pakan harus mudah ditemukan
  4. Pakan tidak beracun, tidak palsu dan tidak rusak
  5. Pakan bisa diganti dengan jenis lain dengan kandungan gizi yang sama.

Sebaiknya berilah ternak sapi Anda pakan hijauan yang merupakan kombinasi dari rerumputan, dedaunan atau kacang-kacangan. Pastikan juga pakan yang diberikan cukup sesuai kebutuhan sapi, idealnya 10 persen hingga 12 persen dari bobot tubuhnya untuk pakan hijauan, dan 1%-2% pakan tambahan. Berilah pakan 3X sehari, dengan pemberian pakan tambahan di awal dilanjutkan pakan hijauan. Jangan lupa juga untuk memberikan suplemen agar sapi lebih sehat.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara penggemukan sapi secara organik, semoga informasi ini membantu.