Tips Mudah Mencegah Penyakit Pada Udang Vaname


Tips Mudah Mencegah Penyakit Pada Udang Vaname. Resiko penyakit menjadi ancaman yang sangat merugikan pelaku usaha udang vaname. Temukan tips mudah dan sederhana dalam mencegah penyakit pada udang vaname.

Penyakit pada udang vaname

Salah satu tantangan dalam menjalankan usaha ternak dan agro adalah penyakit pada hewan ternak. Sebagaimana juga dapat terjadi pada usaha ternak udang vaname. Tidak tanggung-tanggung penyakit pada udang vaname dengan mudah menyebar pada udang seluruh kolam.

Itulah sebabnya perlu untuk seorang yang berencana untuk menjalankan usaha ternak udang vaname untuk memahami dulu resiko penyakit pada udang vaname. Termasuk memahami bagaimana pola persebaran penyakit ini dapat terjadi. Ini akan membantu Anda mencegah penyakit udang vaname dengan lebih efektif.

Sejatinya, ancaman penyakit pada udang vaname dapat muncul karena bakteri, virus, parasit hingga faktor non infeksi. Sejumlah besar dari penyakit-penyakit ini dapat menular dengan cepat ke seluruh udang dalam tambak, dan menyebabkan kematian 100%.

Tidak sampai di sana resiko yang mungkin muncul. Karena rupanya proses persebaran penyakit ini akan terjadi hanya dalam hitungan hari. Tentu ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pelaku usaha tambak udang vaname.

Padahal sebenarnya, apapun sebenarnya penyebab penyakit pada udang vaname, kondisi tersebut dapat dicegah. Mencegah penyakit pada udang vaname juga pada dasarnya sederhana. Anda hanya perlu untuk terus waspada mengamati perubahan kondisi baik dalam kolam, suplai air, cuaca dan suhu di lingkungan hingga kondisi udang itu sendiri.

Mencegah penyakit udang vaname

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah cara mencegah penyakit pada udang vaname menyebar tanpa sempat Anda kendalikan.

  • Selalu pastikan kolam dalam kondisi bersih
    kebersihan kolam sejatinya krusial. Karena sisa-sisa makanan yang terendap di dasar kolam dapat membentuk zat kimia ammonia yang sebenarnya bersifat toksin dan menurunkan ketahanan tubuh udang. Ini membuat udang memiliki resiko sakit 2 – 3 kali lebih besar.
  • Perhatian suplai air
    kualitas suplai air memiliki posisi penting dalam proses mencegah penyakit pada udang vaname. Pastikan air dalam kondisi sehat , mengalir dengan baik yang artinya mengandung cukup oksigen. Air dalam kondisi bersih jernih dengan kadar Ph di antara 6 – 9 dan kadar salinitas (keasinan) pada level 10 – 35 ppt.
  • Perhatikan permukaan air
    banyak jenis penyakit menyisakan semacam residu yang muncul di permukaan air. Perubahan pada permukaan air harus selalu diwaspadai. Biasanya berupa plak kecil keputihan yang mengambang di permukaan air.
  • Pantau perubahan cuaca
    Cuaca, tingkat kelembaban udara dan aspek suhu menjadi aspek lain yang perlu selalu diperhatikan. Sejumlah penyakit pada udang vaname seperti Myo akan lebih banyak ditemukan pada musim kemarau sedang musim penghujan didominasi oleh penyakit white spot (WSSV)
  • Lakukan pengambilan sampel udang secara rutin
    kebanyakan jenis penyakit pada udang vaname akan dengan mudah dikenali dari tampilan fisik dari udang. Karenanya pengambilan sampel udang secara rutin menjadi sebuah keharusan. Dari sampel kita dapat melihat bilamana ditemukan adanya noda, plak pada cangkang, perubahan warna dan bentuk kepala serta bentuk dan warna badan.
  • Kurangi paparan hewan pembawa penyakit
    Hewan carrier atau pembawa penyakit adalah faktor utama lain yang menyebabkan penyakit pada udang vaname. Selain aspek kualitas air dan kondisi cuaca. Mencegah penyakit pada udang vaname dapat dilakukan dengan pemasangan saringan khusus 200 mikron. Ini efektif mencegah hewan carrier masuk ke dalam ekosistem.
  • Waspada dengan wabah
    Yang kadang sulit dilakukan dalam mencegah penyakit pada udang vaname adalah dengan menghadapi wabah di kawasan kolam berada. Wabah ini menyerang banyak usaha kolam dan menyebar dengan banyak penyebab. Waspada dengan munculnya wabah yang mungkin menyerang.
  • Hentikan persebaran
    Salah satu cara efektif mencegah persebaran penyakit pada udang vaname adalah dengan menarik udang vaname yang diduga kuat sebagai sumber penyakit. Cara ini kadang relatif sulit dilakukan, tetapi efektif menghentikan persebaran.

Itulah sejumlah cara dalam mencegah penyakit pada udang vaname. Pada kesempatan berikutnya kita akan melihat jenis penyakit pada wanita yang paling sering terjadi pada hewan peliharaan.