Tips Cara Beternak Sukses Kambing Etawa


Tips Cara Beternak Sukses Kambing Etawa. Cara beternak sukses dengan kambing etawa ternyata sebenarnya sederhana. Tips kunci beternak kambing etawa terletak pada 4 hal berikut.

Usaha ternak kambing selalu menjadi salah satu usaha primadona yang banyak mendatangkan keuntungan bila dijalankan dengan tepat. Dan di antara banyak jenis kambing yang lazim diternakan, kambing etawa termasuk yang banyak disukai. Tentu Anda perlu memahami dulu bagaimana tips cara beternak sukses dengan kambing etawa.

Kambing etawa yang sejatinya berasal dari negeri India ini dikenal sangat produktif. Dapat menghasilkan susu dengan kualitas gizi yang tinggi disertai dengan kuantitas daging yang berlimpah. Selain belakangan kambing jenis ini juga banyak dikonteskan dalam sejumlah ajang kontes.

Setiap usaha akan menghasilkan keuntungan yang besar bila dijalankan dengan cara yang tepat. Lantas, bagaimana tips cara menjalankan usaha beternak sukses kambing etawa? Berikut beberapa catatan pentingnya.

Pemilihan bibit atau indukan yang tepat

Satu catatan penting dalam mendapatkan bibit atau indukan adalah dengan mencari langsung dari sumber pelaku usaha ternak. Pastikan Anda memilih peternakan yang sudah terbukti memiliki ternak kambing yang sehat dan unggul.

Kenali ciri-ciri indukan dan bibitan yang sehat dan unggul untuk semakin memastikan Anda mendapatkan yang terbaik. Ini merupakan bagian penting dari cara beternak sukses kambing etawa. Amati kondisi fisik, bulu yang lebat dan bersih, tubuh tegap dan kokoh serta bebas cacat.

Penyediaan kandang

Kambing etawa harus tinggal dalam kandang yang ukurannya memang harus cukup besar, mengingat kambing etawa dapat tumbuh menjadi cukup besar. Gunakan material yang kuat mengingat bobot kambing etawa. Pisahkan tiap ternak untuk membantu mengendalikan perilaku kambing dalam kandang.

Pastikan kandang memiliki sirkulasi udara yang sangat baik, mendapatkan limpahan sinar matahari dengan baik tetapi tidak mudah terpapar angin berlebihan. Perhatikan tata letak ceruk pakan agar kambing mudah makan dengan nyaman. Pastikan kandang memiliki sanitasi yang baik supaya kotoran tidak terendap dalam kandang.

Pemilihan pakan yang sesuai

Masalah asupan juga menempati peran besar dalam memastikan usaha ternak etawa Anda sukses. Tips cara beternak sukses kambing etawa yang perlu Anda catatkan adalah pemberian vitamin di awal pemeliharaan.

Masa adaptasi memasuki kandang dan lingkungan baru bisa jadi mempengaruhi ketahanan kambing. Vitamin akan sangat membantu kambing etawa untuk memiliki ketahanan lebih baik dan lebih mudah pula dalam beradaptasi.

Setelahnya pastikan Anda memberikan pakan yang sesuai. Pakan akan membantu meningkatkan massa daging dan membantu meningkatkan produksi susu. Cara mudah dalam memberikan pakan adalah dengan mencampurkan bekatul dan konsentrat dalam rasio 3 : 1. Bisa pula dengan perpaduan pakan bekatul, bungkil kelapa dan bungkil kacang-kacangan dalam rasio 2 : 1 : 1.

Selingi pakan dengan beberapa jenis dedaunan seperti daun lamtoro, daun nangka, dan papaya dan rumput gajah yang terbukti akan sangat membantu meningkatkan massa daging dari kambing etawa.

Pemeliharaan

Masalah kebersihan, pemberian pakan yang rutin dan optimal, pemeliharaan kesehatan yang efektif akan sangat membantu kambing tumbuh dengan optimal. Tetapi itu tidak cukup, cara beternak sukses kambing etawa juga berkaitan dengan masa-masa subur dan masalah anakan.

Menghasilkan anakan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi pelaku usaha kambing etawa. Selain peternak mendapatkan hasil dari daging dan susu. Apalagi ternyata kambing etawa cukup produktif menghasilkan anakan, bisa sampai 3 – 4 kali dalam 2 tahun.

Kambing etawa sebenarnya sudah siap kawin pada usia 9 bulan dan memiliki masa birahi datang dalam 2 – 5 hari setiap 3  minggu. Tetapi sebenarnya, masa birahi pertama dapat terjadi pada usia 6 bulan. Mereka biasanya akan tampak lebih gelisah, mengibaskan ekor terus menerus dan tidak begitu nafsu makan selama masa birahi datang.

Kambing etawa kemudian akan hamil selama 5 bulan. Dengan pemeliharaan yang tepat, anakan siap untuk dijual ke pasaran pada usia kisaran 4 bulan. Sebaiknya tidak memisahkan kambing dari indukan di bawah usia 3 bulan karena anakan belum siap.

Itulah beberapa tips penting cara beternak sukses dengan kambing etawa. Kambing etawa sebenarnya termasuk ternak yang mudah dibudidayakan. Ketekunan dan pemberian pakan yang optimal menjadi kunci penting kesuksesan usaha ternak ini.