Perawatan Burung Kenari Supaya Gacor


Burung kenari adalah satu jenis burung kicau dengan penggemar yang lumayan banyak. Kicau kenari terasa renyah dan nyaring. Terutama untuk burung kenari yang sudah gacor. Meski sejatinya memang kenari termasuk suka mengoceh. Tapi tentu tidak mudah untuk membuatnya menjadi demikian. Lalu bagaimana caranya burung kenari supaya gacor?

Sebagaimana kebanyakan burung kicau lain, teknik yang perlu ditekankan untuk merawat burung kenari supaya gacor pada dasarnya hampir sama. Berkisar pada teknik pemasteran, pemandian dan penjemuran. Kemudian pada pola makan dan jenis makanan yang perlu diberikan.

Cara Merawat Burung Kenari Supaya Gacor

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah bagaimana cara-cara penting yang harus diperhatikan untuk menghasilkan burung kenari dengan suara dan tampilan prima.

Pemberian pakan yang cermat

Sejumlah jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji flax, biji kenari, biji gandum dan lain sebagainya adalah biji-bijian kaya nutrisi yang baik membantu menyaringkan suara burung kenari. Lagipula memang burung kenari adalah pemakan biji-bijian.

Berikan pula burung kenari pakan tulang sotong kering.  Tolong sotong ini dikenal penting sebagai sumber kalsium untuk burung. Kalsium berperan besar bagi kualitas produksi suara pada burung kicau.

Selain itu burung kenari juga perlu mengonsumsi dedaunan segar. Beberapa jenis daun seperti daun dewa, daun mengkudu, dan ginseng jawa dan daun binahong sejatinya merupakan herbal yang diberikan untuk merawat pita suara dan energi.

Sedang sayuran dan buah-buahan akan menjadi selingan pakan yang perlu Anda tambahkan. Dasarnya kenari menyukai buah dan sayur. Sedang dari sudut nutrisi, buah dan sayur memang sangat kaya vitamin, mineral dan anti oksidan yang dapat membantu menyempurnakan proses burung kenari supaya gacor.

Dimandikan dan dijemur

Sebagaimana banyak burung kicau, burung kenari harus dimandikan dan dijemur. Merasa kotor salah satu alasan kenari malas berkicau. Karena kebersihan demikian penting untuk kenari. Itu pula sebabnya kita juga perlu membersihkan kandang dengan berkala. Anda bisa memandikan dengan cara disemprot air dengan spray yang dilakukan di pagi hari.

Pasca dimandikan, kenari harus dijemur. Waktu ideal untuk penjemuran adalah pagi hari, tepat sebelum jam 10 pagi. Karena panas matahari di waktu tersebut masih cukup bersahabat untuk burung kenari. Penjemuran akan membantu mengeringkan air yang ada di sela bulu dan mencegah jamur. Tetapi penjemuran baik untuk mood kenari hingga mudah untuk berkicau riang.

Pemasteran yang rutin

Pemasteran adalah elemen penting dalam melatih burung kicau, termasuk burung kenari supaya gacor. Pemasteran dilakukan dengan membantu menstimulasi burung kenari supaya mau berkicau. Stimulasi diberikan dengan memperdengarkan suara kenari yang sudah gacor.

Bisa dengan cara menyetelkan rekaman suara kenari gacor di dekat kandang. Bisa pula dengan mendekatkan kandang dengan kandang kenari lain yang sudah jago sekali berkicau. Anda bisa secara rutin memaster burung kenari pada siang dan sore hari secara rutin.

Tambahkan stimulus dari asupan

Kadang sekedar dengan pakan saja tidak cukup untuk memancing burung kenari supaya gacor. Anda perlu memastikan fisik burung memang prima. Dan itulah sebabnya penambahan asupan multivitamin dan jejamuan dapat menjadi alternatif.

Anda bisa memberikan multivitamin khusus kenari yang banyak dijual di toko pakan burung. Berikan setidaknya 2 – 3 kali dalam sepekan dengan dicampurkan dalam minuman. Ini akan efektif memudahkan pemberian multivitamin.

Tak hanya itu, jamu juga bisa menjadi alternatif asupan stimulus yang baik diberikan. Jamu tertentu seperti ramuan kunyit, jahe, kuning telur, minyak ikan dan campuran biji-bijian juga dikenal baik untuk diberikan pada burung kenari supaya gacor. Jamu ini akan membantu kualitas suara terdengar prima, lebih bulat, panjang dan nyaring.

Ternyata sederhana bukan bagaimana membantu burung kenari supaya gacor. Ketekunan dan kerutinan menjadi kunci utama menghasilkan burung kenari prima dan sehat serta bersuara memikat. Siapa tau burung kenari Anda bisa menarik perhatian juri di kontes berikutnya.