Cara Mudah Memulai Usaha Ternak Burung Lovebird


Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang banyak digemari. Malah bisa dikatakan burung lovebird tidak pernah kehabisan penggemar. Dan rupanya Anda juga dapat menjalankan usaha ternak burung lovebird ini dengan teknik yang mudah, bahkan untuk Anda yang masih pemula.

Kelebihan Ternak Burung Lovebird

Kenapa usaha ternak burung Lovebird menarik dijalankan? Karena burung Lovebird istimewa. Burung ini berwarna cerah dengan suara nyaring dan menyenangkan. Nama Lovebird diberikan karena burung ini memiliki kebiasaan untuk menunjukan rasa sayangnya pada burung sesamanya. Bahkan konon dikatakan burung Lovebird hanya memiliki satu pasangan.

Burung Lovebird juga dikenal mudah dekat dengan pemiliknya. Cepat beradaptasi dengan lingkungan dan menunjukan interaksi dengan pemilik. Ditambah geraknya yang lincah dan genit, membuatnya semakin diminati.

Pasar dari burung Lovebird terbilang stabil. Pasaran masih meminati burung mungil ini hampir tanpa terpengaruh trend. Suaranya yang bisa ngekek panjang dan melantun membuatnya kerap pula dilombakan.

Memulai Usaha Ternak Lovebird

Lalu untuk Anda yang tertarik dengan usaha ternak burung Lovebird, bagaimana cara mudah dan simpel untuk bisa menjalankan usaha ternak burung lovebird ini? Terutama untuk Anda yang masih terbilang pemula.

Penyediaan kandang

Penyediaan kandang untuk usaha ternak burung Lovebird sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan kandang kotak berukuran sedang dari material besi atau kayu dan ram. Tentu saja semakin kuat material yang Anda pilih akan semakin awet. Di awal sediakan ukuran sedang sesuai jumlah burung yang Anda pelihara.

Yang terpenting, siapkan ranting, serung kayu kering, daun kering dan glodok (semacam bongkah kayu berlubang) di dalam kandang. Ini akan menjadi bahan sarang untuk burung yang akan dibuat sendiri oleh mereka.

Siapkan indukan

Persiapkan dua ekor burung indukan sepasang jantan dan betina. Pilih Lovebird yang sehat, bebas cacat dan Anda yakini berasal dari turunan yang berkualitas baik. Pastikan Anda mendapatkan jantan yang berusia lebih dewasa dari betina karena nantinya, pada masa kawin, pejantan harus bisa mendominasi untuk bisa menaklukan betina.

Untuk menjadi catatan, jangan sampai tertipu oleh pedagang. Tidak jarang pembeli indukan justru mendapatkan dua pejantan atau dua betina sehingga tidak bisa dibudidayakan. Untuk itu penting bagi pelaku usaha ternak burung Lovebird untuk dapat membedakan pejantan dan betina.

Sebagai petunjuk sederhana, pejantan biasanya memiliki warna lebih cerah, ekor yang lebih runcing, paruh yang juga lebih runcing, area pubis yang terasa lebih padat, dengan kaki yang tampak rapat saat berdiri.

Siapkan Suplai Pakan

Pakan untuk ternak burung Lovebird diberikan dengan sejumlah tujuan. Tidak hanya untuk membantu membuat tubuh mereka lebih sehat dan bugar. Tetapi juga baik untuk meningkatkan kesuburan dan membantunya menghasilkan suara lebih mantap (gacor).

Anda bisa memberikan sejumlah jenis makanan seperti milet putih atau merah, gabah beras merah, biji kenari, biji bunga matahari, biji oat, biji gandum, biji flax,  dan beberapa jenis biji-bijian kaya protein dan lemak tak jenuh lain.

Anda bisa tambahkan cangkang telur halus, buah-buahan seperti apel, stroberi, mangga, melon dan lain sebagainya. Jangan lupa Lovebird juga membutuhkan asupan sayuran seperti kecambah, brokoli, wortel dan selada air.

Dapatkan pakan yang bersih dan segar untuk mendapatkan Lovebird yang sehat. Bila Anda memberikan sayuran, pastikan Anda mencucinya dengan baik demi menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mungkin melekat pada sayuran.

Pakan diberikan 3 kali sehari dalam wadah yang dipastikan sudah bersih tanpa sisa pakan sebelumnya. Masukan dalam kandang selama 1 jam dan kemudian dikeluarkan lagi supaya burung tidak makan berlebihan.

Memperhatikan cara sederhana dalam menjalankan usaha ternak burung Lovebird ini akan membantu Anda mendapatkan burung yang sehat, produktif dan gacor. Setelah ini kita akan membahas bagaimana menjalankan budidaya atau kembang biak burung Lovebird.