Cara Mudah Membuat Pakan Udang Vaname Untuk Pemula



Inilah tips Mudah Membuat Pakan Udang Vaname. Sebagaimana sudah dijelaskan dalam ulasan sebelumnya mengenai pakan udang vaname, bahwa pakan memiliki peran sangat besar untuk pertumbuhan udang vaname. Bahkan lebih dari 60% bagian dari biaya operasional dialokasikan untuk pakan. Tetapi tahukah Anda, tidak selamanya pakan udang harus dari pabrikan? Anda juga bisa membuat sendiri pakan udang vaname.

Meski acapkali dikatakan bahwa pakan udang vaname pabrikan diketahui memiliki keunggulan dalam hal kepastian kadar nutrisi di dalamnya. Tidak lantas pakan buatan sendiri menjadi pilihan yang buruk.

Membuat pakan udang vaname secara rumahan akan membantu Anda menghemat biaya. Dan dengan cara dan pilihan komposisi bahan baku yang tepat, Anda bisa tetap mendapatkan pakan dengan nutrisi yang tinggi.

Apa Kelebihan Pakan Buatan Sendiri?

Dalam beberapa kondisi, pilihan untuk membuat pakan udang vaname secara mandiri akan memberikan beberapa keuntungan bagi pelaku usaha. Adapun beberapa kelebihan dari pemberian pakan buatan sendiri tersebut antara lain :

Lebih hemat biaya dan efisien

Meski terbilang mudah didapat, pakan pabrikan biasanya memiliki harga relatif lebih tinggi. Anda bisa menekan biaya dengan menambahkan pakan buatan sendiri pelaku usaha ternak udang vaname bisa menekan biaya. Karena pakan bisa didapat dari bahan-bahan kaya nutrisi yang mudah didapat dan berharga murah di sekitar lokasi usaha.

Tidak memerlukan ruang simpan besar

Untuk menurunkan biaya pakan pabrikan, peternak harus membeli dalam partai besar. Ini memaksa peternak menyediakan ruang simpan pakan yang memadai. Sementara dengan membuat pakan udang vaname sendiri, jumlah pakan bisa disesuaikan kebutuhan. Tanpa harus menyisakan pakan berlebihan untuk disimpan.

Komposisi lebih fleksibel

Membuat pakan sendiri akan membantu Anda mendapatkan komposisi pakan yang sesuai kebutuhan. Anda bisa menambahkan kadar protein atau kadar vitamin tertentu pada pakan. Bisa pula sewaktu-waktu merubah atau memaksimalkan kadar nutrisi tertentu cukup dengan mengubah komposisi adonan pakan.

Bahan Untuk Pakan Udang Vaname

Untuk membuat pakan udang vaname, Anda bisa gunakan sejumlah bahan baku yang mudah Anda peroleh di sekitar Anda. Semua tergantung sumber daya yang tersedia di sekitar Anda. Yang terpenting kandungan nutrisi di dalamnya terutama protein relatif tinggi. Lalu, bahan baku apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat pakan udang vaname?

Anda bisa manfaatkan bahan-bahan hewani seperti keong, ikan, rebon, ayam, ulat sutra, cacing darah, darah hewan, tulang dan telur ayam. Sebagian perlu Anda olah menjadi kering dulu dan ditumbuk halus menjadi tepung.

Anda bisa pula manfaatkan bahan nabati seperti bungkil kedelai, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa, dedak, tepung beras, tepung tapioka atau tepung terigu, ubi-ubian, daun singkong, jantung pisang, daun ubi, daun talas,  daun kelapa, rumput gajah, rumput teki, batang dan kulit jagung, turi dan lain sebagainya.

Bagaimana Membuat Pakan Udang Vaname Sendiri?

Untuk membuat pakan udang vaname, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang merupakan bahan untuk suplai protein, bahan pengikat dan air. Misalkan dengan mencampur, dedak, ikan kering (tepung ikan), tepung bekicot, tepung tapioca dan air.

Dengan perpaduan komposisi ini, pakan buatan rumahan ini akan siap untuk Anda jadikan adonan dan dicetak menjadi pelet. Untuk kemudian perlu dikeringkan sebelum dapat disajikan untuk udang.

Anda juga perlu menyediakan sejumlah alat untuk memproses bahan baku menjadi pakan pelet siap saji. Alat yang perlu Anda sediakan antara lain mixer dan wadah. Bila ingin cara yang praktis, Anda juga bisa siapkan perangkat cetak pelet atau extruder. Kemudian siapkan pula papan khusus untuk mengeringkan pelet basah. Beberapa orang menggunakan semacam oven untuk mengeringkan pelet.

Buat untuk persediaan 3 – 4 hari saja supaya pakan tetap dalam kondisi segar dan tidak simpanan lama. Anda bisa ulangi membuat pakan udang vaname ini kembali  setelah persediaan pakan mulai habis.