Standar Pembuatan Kandang Ternak Ayam Pedaging


Bagaimana standar tepat untuk pembuatan kandang ternak ayam pedaging yang mendukung pertumbuhan dan kesehatan ayam dengan maksimal?

Pada bahasan sebelumnya kita sudah membahas soal bagaimanajenis kandang ternak ayam yang sering digunakan untuk usaha ternak ayambroiler. Kali ini kita akan mencoba menjawab rasa ingin tahu Anda soalbagaimana seharusnya standar pembuatan kandang untuk usaha ternak ayam pedagingatau broiler.

Adakah standar khusus yang perlu dipahami di awal ketika seorang pelaku usaha ternak akan membuat kandang ternak ayam ? Kandang seperti apa yang dapat mendukung proses pertumbuhan ayam sekaligus menunjang kesehatan ternak dengan optimal.

Masalah kandang memang memiliki peran demikian besar ketikakita bicara soal usaha ternak ayam pedaging. Karena hampir seluruh aktivitasternak dilakukan dalam kandang. Dan ayam dipelihara secara intensif dalamkandang.

Ini berbeda dengan ayam kampung yang pada umumnya dilepasuntuk dapat beraktivitas lebih leluasa. Sehingga pembuatan kandang tidakberperan demikian krusial untu pertumbuhan ayam.

Lalu apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika membuatkandang ternak ayam pedaging?

Pisahkan kandang berdasarkan usia

Pastikan untuk memisahkan kandang untuk setiap jenjang usiaayam. Pisahkan ayam untuk setiap perbedaan pekan. ini karena kebutuhan metodeperawatan untuk setiap usia berbeda. Menyatukan seluruh usia tentu akan meningkatkan resiko kematian.

Ayam yang lebih muda besar kemungkinan akan kalah bersaingdalam mendapatkan ruang gerak, makanan dan asupan minum. Ayam kecil juga lebihrentan akan penyakit yang dibawa oleh ayam lebih besar. Selain itu, memisahkanmereka akan memudahkan Anda melakukan pengawasan terhadap setiap perkembangan,dengan membandingkan ayam dalam setiap jenjang usia.

Kepadatan dalam kandang

Aspek kepadatan menjadi hal pertama yang perlu Andapertimbangkan. Ayam ternak akan menghabiskan seluruh waktu mereka dalamkandang. Sehingga Anda harus memastikan aspek kenyamanan dari kandang.

Kandang yang terlalu padat tentu saja akan menurunkankualitas kenyamanan. Mereka akan lebih riskan untuk berebut makanan dan semakinmudah pula untuk saling menularkan penyakit. Selain tentu saja ayam tetapmembutuhkan ruang gerak dalam kandang ternak ayam tersebut.

Berikut adalah aturan kepadatan dalam kandang.

  • Ayam usia 1 pekan kepadatannya 30 – 50 ekor /m2
  • Ayam usia 2 pekan kepadatannya 20 – 25 ekor /m2
  • Ayam usia 3 pekan kepadatannya 10 – 20 ekor /m2
  • Ayam usia 4 pekan kepadatannya 8 – 10 ekor /m2
  • Ayam  usia5 pekan kepadatannya 6 – 8 ekor /m2

Biaya yang dapat ditanggung

Kandang ternak ayam model baterai yang memanjang memilikitingkat resiko penyakit lebih rendah dan memiliki efektivitas penggemukan lebihtinggi. Karena ayam cenderung pasif tinggal dalam kandang berukuran relatifkecil secara terpisah-pisah. Tetapi biaya yang diperlukan untuk kandang ternakayam model ini jelas lebih besar.

Kandang dengan model postal yang menyatukan ayam dalam satukandang besar, baik itu dalam bentuk panggung atau dengan lantai dasar litter,sudah tentu memiliki biaya lebih terjangkau. Meski kandang model panggung akanmemakan biaya lebih besar.

Material kandang juga menentukan besaran biaya pembuatan.Material dari kayu dan bambu akan lebih terjangkau dibandingkan kandang yangterbuat dari bahan material besi. Tentu tingkat ketahanan material besi lebihbaik.

Tenaga kerja

Untuk memiliki kandang dengan bentuk baterai yang memanjangdan beruang-ruang, Anda perlu menyediakan waktu lebih banyak untuk prosespembersihan dan pemberian makan. Atau artinya Anda harus menyediakan tenagakerja lebih untuk pekerjaan ini.Sedang model postal tentu akan memakan waktulebih singkat karena pembersihan dilakukan sekaligus dalam satu ruangan.

Aspek resiko

Dalam beberapa kasus kandang dalam bentuk baterai atausangkar cenderung mudah dikerumuni lalat. Mungkin karena ayam cenderung diamdan pasif sehingga disukai oleh lalat. Apalagi bila kebersihan kandang kurangdiperhatikan.

Sedang pada kandang ternak ayam berukuran luas, dimana ayam dipelihara sekaligus dalam satu ruangan, biasanya masalah penularan penyakit juga berkembang lebih cepat. masalah kebersihan mungkin menjadi perhatian penting di sini, termasuk pemberian desinfektan sebagai pencegahan.

Baca juga : Manajemen Kandang Untuk Ternak Ayam Broiler