Potensi Pasar Usaha Ternak Ayam Broiler


Kemana sebaiknya kita memasarkan hasil panen dari usaha ternak ayam broiler? Temukan sejumlah informasi potensi pasar ayam broiler di sini.

Usaha ternak ayam broiler adalah salah satu usaha peternakan yang tidak ada matinya. Semua paham betul bahwa permintaan ayam broiler atau pedaging terbilang tinggi. Bahkan bisa dikatakan di atas jenis hewan ternak lain.

Hanya saja, seiring dengan tingginya permintaan di pasar,pemain usaha ternak ayam broiler juga terbilang banyak. Persaingan yangdemikian ketat kadang menggiring kita untuk mengelola pasar yang sempit.

Padahal sebenarnya, ada banyak potensi pasar dari usahaternak ayam broiler yang belum sepenuhnya diolah. Hanya saja selama ini kitaterpaku pada pasar pengepul dan pasar penjualan tradisional.

Lalu bagaimana cara untuk dapat memperoleh pasar lebih luasuntuk usaha ternak ayam broiler ini? berikut beberapa potensi pasar yang bisaAnda coba kembangkan.

Pasar pelaku usaha lokal

Penjualan melalui pasar tradisional mungkin selalu menjadipotensi besar. Tetapi diam-diam pasar dari kalangan pelaku usaha justrumemiliki nilai penjualan lebih besar. Anda bisa mengincar para pelaku usahacatering, usaha rumah makan, usaha makanan olahan sampai usaha makanan rumahan.

Mereka akan membeli dalam partai besar dan tentu saja akanmeminta Anda memberikan harga lebih rendah dari harga pasaran. Tetapisebenarnya harga yang Anda dapat tak jauh berbeda dengan Anda menjual padapengepul.

Yang perlu Anda adaptasi dalam memasarkan produk ternak Andaini ke pasar pelaku usaha adalah aspek kualitas yang harus selalu sama untuksetiap panen. Upayakan berat ayam yang Anda panen selalu konstan setiapwaktunya. Pastikan ketersediaan ayam yang selalu sama setiap hari. bila perlubangun kemitraan dengan peternak lain untuk memudahkan Anda memenuhipermintaan.

Kadang beberapa konsumen akan menggunakan sistem pembayarantermin. Hati-hati dengan metode pembayaran semacam ini, amankan uang Andadengan perjanjian yang jelas. Selalu perhatikan dengan baik kecukupan danaoperasional sebelum memutuskan nilai  danjangka termin yang akan Anda berikan.

 Pasar online

Pernah terpikir tidak untuk mulai menjual hasil panen Andavia online? Apakah ada pasar yang tersedia untuk pasar online? Tentu saja ada,bahkan relatif besar dan belum terkelola dengan maksimal.

Manfaatkan layanan ojek online sebagai sarana penjualan.Mereka biasanya memiliki layanan hantar makanan . jalin kerjasama dengan pihakketiga ini untuk menjual daging ayam potong siap kirim. Ini akan meluaskanpenjualan Anda pada para konsumen yang tidak sempat ke pasar tradisional. Ataumendadak membutuhkan daging ayam di kala pasar tradisional terdekat tidak lagibuka.

Anda hanya perlu menghubungi kantor layanan ojek online terdekat.Pastikan memilih layanan dengan tingkat pelayanan yang tinggi di kota Anda.supaya jalinan kerjasama Anda ini tidak sekedar buang waktu.

Temukan konsumen alternatif

Ini bukan menemukan mitra untuk saling bertukar pembeli.Tetapi untuk menemukan potensi pasar lain yang membutuhkan suplai ayam.Beberapa pasar unik yang mungkin tidak Anda sangka justru bisa menjadi potensipasar baru.

Anda bisa cukup terkejut dengan tingginya permintaan dagingayam di peternakan buaya, kebun binatang dikota Anda, atau grup-grup penghobireptil. Pasar semacam ini belum banyak yang melirik, dan mereka tidak menuntutkualitas super.

Ini bisa jadi alternatif untuk menjual ayam afkir Anda.selama kondisi ayam masih cukup segar, label afkir tidak lantas membuat Andaharus membuangnya kan? Anda hanya perlu menemukan potensi pasar yang tepat.

Itu beberapa alternatif potensi pasar yang dapat Anda gunakan untuk usaha ternak ayam broiler. Perhatikan setiap potensi yang ada, hal-hal yang perlu Anda adaptasi sebelum mulai masuk ke pasar ini dan perhatikan resiko-resikonya.

Baca juga : Aspek Penting Yang Menjadi Pertimbangan Pemberian Pakan Ayam Pedaging