Manajemen Kandang Untuk Ternak Ayam Broiler


Bagaimana cara pengelolaan manajemen kandang untuk ternak ayam brolier? Adakah pendekatan khusus yang perlu kita pahami?

Sebelumnya kami sudah membahas soal jenis kandang untukternak ayam dan soal bagaimana standar pembuatan kandang untuk ternak ayambroiler. Namun masalah perkandangan memang tidak berhenti sampai di sana. Kitaperlu mengetahui apa saja hal penting lain yang perlu Anda perhatikan seputarperkandangan.

Ayam broiler memang berbeda dari kebanyakan ayam padaumumnya. Ayam hasil perkembangan teknologi pangan dan pertanian ini merupakanjenis unggul yang dengan cepat membentuk massa daging bahkan sejak usia muda.

Ayam broiler dipanen dalam usia 1 bulan hingga 1,5 bulandengan bobot di kisaran 1,5 kg perekor. Usia yang masih sangat muda denganharapan kualitas daging masih sangat baik, relatif lembut, mudah diolah danterasa lebih enak.

Demi mendukung konsep peternakan semacam ini, dibutuhkankandang dengan tingkat intensitivitas tinggi. supaya proses penggemukanberjalan lancar dan selama masa ini ayam dapat tetap dalam kondisi sehat hinggapanen.

Dan untuk alasan ini, apa saja hal-hal penting yang perlu Anda kelola atas kandang untuk ternak ayam broiler?

Aspek kesehatan dan pencegahan penyakit

Kebanyakan penyakit pada ternak sebenarnya bersumber padaaspek kebersihan. Jadi bagaimana Anda mengelola kebersihan pada kandang menjadibagian penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda mengatur jadwalpembersihan kandang dengan rutin. Termasuk pastikan kandang selalu mendapatkan desinfektan dengansimultan.

Tidak berhenti pada kebersihan kandang, Anda tetap perlumemperhatikan kondisi ayam peliharaan dengan seksama. Sekali Anda menemukanayam dengan kondisi yang tidak fit, segera tindak lanjuti dengan memisahkannyadari ayam lainnya. Sebelum ayam tersebut memburuk dan menulari ayam sekitarnya.

Untuk itu selalu siapkan kandang isolasi untukkondisi-kondisi semacam ini. jangan lupa ruang isolasi berbeda juga perludisediakan untuk setiap ayam baru yang baru datang dari luar sebelum kemudianAnda satukan dalam kandang.

Setiap beberapa periode, kosongkan kandang sama sekali,bersihkan dengan seksama dan biarkan selama beberapa waktu. Masa kosong inidiasumsikan dapat membantu menurunkan level kuman dan jamur dalam kandang.

Aspek suhu dan ventilasi

Kandang untuk usaha ternak ayam broiler harus selalu dalamkondisi suhu yang tepat. Beberapa kandang memilih menggunakan litter untukmembantu menghangatkan kandang di suhu dingin. Tetapi kadang litter saja tidakcukup, apalagi tidak setiap kandang memilih menggunakan litter sebagai alas.

Anda perlu mengunakan lampu untuk menghangatkan ruangan.pilih jenis lampu pijar karena biasanya memberi efek menghangatkan lebih baikdari lampu LED.  Secara umum akandigunakan lampu 150 watt untuk kebutuhan ruangan 93 m2.

Lampu selain berguna untuk membantu menjaga suhu ruangankandang untuk ternak ayam juga membantu menjaga kandang tetap terang. Ayamcenderung akan tidur dan pasif ketika ruangan menjadi gelap. Dengan menjagaruangan kandang tetap terang, mereka akan terdorong tetap aktif, makan danminum seperti biasa. Ini mendorong mereka semakin cepat gemuk.

Ventilasi udara juga perlu dipertimbangkan karena ini akanmembantu menjaga sirkulasi udara dan membantu menurunkan suhu saat udaraterlalu panas. Tetapi ventilasi harus dapat dibuka tutup, supaya saat hujan,udara terlalu berangin atau bersuhu terlalu rendah, ventilasi dapat ditutup.

Persiapkan peralatan perkandangan

Ketika bicara soal kandang untuk ternak ayam kita juga perlubicara soal kelengkapan peralatan kandang. Pastikan kandang memiliki alatpengukur suhu untuk memudahkan kita mengontrol suhu dalam ruangan.

Juga harus terdapat alat desinfektan untuk peternak danpekerja dapat gunakan ketika keluar dan masuk kandang. Penggunaan desinfektanini terbukti efektif menurunkan resiko serangan penyakit menular pada ayamternak.

Peralatan kebersihan, sistem sanitasi air hingga peralatanuntuk pemberian pakan dan minum adalah standar penting lain yang perlutersedia.  Atur jadwal pembersihan denganteratur setiap  2 – 3 hari sekali,tergantung kepadatan ayam.

Berikan pakan dan minum dalam komposisi yang sama untuksetiap m2. Pastikan setiap peralatan makan dan minum digunakanketika sudah dalam keadaan bersih dan kering. Itu sebabnya sebaiknya miliki 2set perangkat makan dan minum untuk digunakan bergantian.

Itulah beberapa poin yang juga perlu Anda pahami mengenai pengelolaan kandang. Ini memandu Anda menjalankan usaha ternak dengan lebih optimal. diawali dengan mengelola manajemen kandang untuk ternak ayam dengan lebih efektif.

Baca juga : Jenis Kandang Ayam Broiler Yang Lazim Digunakan