Langkah Awal Memulai Usaha ternak Bebek


Pada kesempatan lalu kami sempat membahas soal analisa usaha ternak bebek. Analisa usaha sudah jelas menunjukan bahwa usaha ternak bebek adalah salah satu usaha agro yang potensial. Tetapi untuk Anda yang pemula, tentu akan sedikit meraba, bagaimana cara untuk memulai semuanya dari awal?

Memulai usaha ternak bebek pada dasarnya takbanyak berbeda dengan usaha ternak lainSiapkan lahan untuk usaha agro danpeternakan lain. meski tahapannya kurang lebih sama, berikut akan kami cobabantu menguraikan setiap langkah awal yang perlu Anda lakukan di saat Andamemulai usaha ternak bebek.

Siapkan lahan usaha

Masalah lahan tentu saja adalah elemen awalpenting yang perlu Anda siapkan. Ada beberapa usaha ternak yang bisa Anda mulaibegitu saja tanpa harus diawali dengan memiliki lahan usaha. Anda bisamenitipkan hewan ternak Anda pada kandang-kandang yang tersedia. Tetapi hal inisudah tentu tidak dapat berlaku pada usaha ternak bebek.

Perputaran yang cepat, produktivitas yangsangat tinggi dan alasan perilaku hewan mengharuskan kita menyediakan lahanpeternakan. Tak harus luas, karena bebek termasuk jenis satwa yang pemeliharaannyatidak rumit dan tidak membutuhkan area luas. Banyak peternak yang masihmenggunakan lahan belakang rumah dalam ukuran pas-pasan untuk menjadi lokasiusaha ternak bebek.

Hanya saja upayakan untuk menyediakan saluransanitasi air yang memadai untuk memudahkan air mengalir. Meski kandang bebekmodern disarankan untuk tetap kering, saat-saat tertentu air diperlukan untukmembantu mendinginkan suhu kandang saat udara panas dan untuk membantumembersihkan kandang.

Bangun kandang sesuai dengan standar

Kandang perlu dibangun untuk bebek peliharaanAnda, sebagaimana pernah dijelaskan dalam ulasan kami sebelumnya. Kandangdibangun untuk memudahkan proses perawatan. Memudahkan kontrol pemberian makandan pencegahan penularan penyakit.

Ukuran kandang pada dasarnya standar, untukukuran kandang pada luas 5 x 5 m2 akan dapat menampung  kurang lebih sekitar 50 ekor bebek. Denganmenggunakan material sederhana seperti bambu, kandang sebenarnya dapat bertahansekitar 10 bulan.

Sediakan selokan kecil di dalam kandang untukmengalirkan air. tetapi hindari pemakaian dasar basah apalagi berlumpur karenajustru ini meningkatkan resiko penyakit pada bebek. Gunakan lantai tanah ataumalah litter untuk menjaga kebersihan kandang.

Siapkan sumber pakan

Setelah kandang Anda rampungkan, saatnya mempertimbangkan sumber pakan yang bisa menjadi andalan Anda. Apakah Anda akan menggunakan produk pakan alami atau menggunakan produk pakan pabrikan.

Temukan suplai pakan yang tersedia di sekitarAnda. pastikan suplier siap mendukung usaha Anda dengan mampu menyediakansuplai kebutuhan pakan Anda sesuai dengan kebutuhan.  Siapkan pula area khusus untuk penyimpananpakan supaya pakan tidak rusak dan terkontaminasi racun, mikroba atau jamur.

Siapkan bibit yang sehat sebagai awal usaha ternak bebek

Kandang sudah berdiri dan pakan sudah siap didatangkan,tinggal Anda menyiapkan hewan ternaknya. Anda bisa mulai dengan membeli beberapa bebek siap produksi.  Ini acapkali dianggap sebagai pilihan terbaikketimbang membiakan atau membesarkannya sendiri.

Beberapa pakar menyarankan untuk memilihpejantan dan betina tidak dari sumber suplai yang sama. Bebek dengan garisketurunan yang sama akan mudah menurunkan anak cacat lahir. Termasuk jugamenghasilkan telur yang rusak.

Bangun kemitraan

Membangun usaha ternak bebek akan membuat Andamasuk ke dalam pasar persaingan yang cukup ketat.  Tetapi, alih-alih menjadikan pemain lainsebagai ancaman, coba untuk mulau mengangap mereka sebagai mitra.

Anda bahkan bisa masuk ke dalam grup ataukelompok peternak. Anda bisa diuntungkan dengan adanya grup peternak bebek ini,seperti mudah mendapatkan akses sumber modal alternatif, dokter hewan, vaksin,pakan, kosentrat sampai akses menuju pasar potensial

Siapkan pasar untuk menampung panen

Pasar potensial adalah setiap peluang-peluangyang dapat dimanfaatkan untuk penjualan produk usaha ternak bebek. Baik ituproduk telur maupun daging. Bergantung sepenuhnya pada pengepul atau pasartradisional kadang kurang optimal.

Akan lebih baik bila pelaku usaha ternakbebek  juga menemukan solusi pasar alternatif.Bisa dilakukan bersamaan dengan mitra atau dilakukan secara personal . Akanlebih baik mempersiapkan pasar tidak dilakukan di akhir, ketika produk hampirpanen, tapi sejak awal ketika usaha akan dimulai. Cara terakhir ini juga akanmenyempurnakan seluruh tahapan awal dalam memulai usaha ternak bebek.