Jenis Kandang Ayam Broiler Yang Lazim Digunakan


Bingung untuk membuat kandang ayam guna usaha ternak broiler Anda? coba ikuti panduan jenis kandang ayam berikut ini.

Ketika Anda memulai usaha ternak ayam broiler, kadang Anda akan terbentur dengan masalah pembuatan kandang. Lahan boleh jadi sudah tersedia, tapi kandang seperti apa sebenarnya yang sesuai untuk usaha Anda nanti? Apa saja jenis kandang ayam yang bisa Anda pilih untuk usaha ternak ayam broiler?

Jenis Kandang Ayam Ren

Kalau Anda hanya memiliki lahan terbatas dengan modal yangjuga terbatas, mungkin ide kandang ren ini bisa jadi pilihan. Jenis kandangayam ini berbentuk relatif sederhana dengan biaya pembuatan yang cenderungringan.

Konsep dari kandang ren adalah tersedianya 2 kandang khususuntuk pemeliharaan dan aktivitas ayam ternak. Dalam satu kandang tersediakandang tertutup untuk ayam istirahat di malam hari. Dan tersedia pula  kandang semi terbuka yang terakses bebasdengan udara luar dan sinar matahari.

Untuk melindungi ayam ternak, setidaknya menghindari ayamternak berkeliaran sembarangan, area kandang terbuka tetap dibatasi denganpagar atau jaring besi yang melingkari seluruh bagian kandang.

Cara ini memiliki kelebihan seperti sirkulasi udara yangsangat lancar, suplai sinar matahari dengan otpimal dan aspek aktivitas ayamyang dapat diotiptimalkan. Tetapi, kadang mudahnya udara kotor dari luar baikdari tanah, pakan dan udara luas justru dianggap meningkatkan resiko penyakit.

Jenis Kandang Ayam sangkar

Konsep kandang model sangkar ini sebenarnya sudah lamadipraktekan, biasanya memang lebih sering digunakan untuk perawatan ayampetelur. Tapi tidak menutup kemungkinan pemanfaatannya untuk ayam pedaging.

Jenis kandang ayam ini memiliki bentuk khas berupasangkar-sangkar jeruji dengan bentuk berderet memanjang. Kadang deretan sangkardibuat bersusun sekaligus untuk menghemat ruang. Ayam dipisahkan untuk setiapkandang atau dalam kelompok-kelompok kecil. 

Cara ini memiliki keuntungan, karena perawatan dilakukansecara individu atau berkelompok kecil maka kesehatan akan jauh lebih terjaga.Resiko terjadinya penularan penyakit juga akan jauh lebih rendah.

Hanya saja, untuk menyediakan jenis kandang ayam inidibutuhkan biaya yang relatif cukup besar. Selain itu dibutuhkan tenaga danwaktu ekstra pula untuk membersihkan kandang. Karena kerumitan setiap ruangdalam kandang.

Jenis Kandang Ayam litter

Untuk Anda yang menjalankan usaha ternak atam pedaging dalamskala besar, maka jenis kandang ayam satu ini jelas layak menjadi pilihan.Ukuran kandang relatif besar dengan material yang mudah diperoleh. Biayapembuatan juga relatif terjangkau untuk kapasitasnya yang besar.

Kandang jenis ini dibuat semi tertutup, dengan areaventilasi yang terakses dengan baik sehingga sirkulasi udara berjalan baik.Pada saat dibutuhkan ventilasi dapat ditutup dengan plastik atau jaring demimenahan dingin atau masuknya hujan.

Lantai kandang adalah tanah atau semen yang kemudian dilapisdengan litter. Ini semacam alas yang terbuat dari sekam, jerami, kulit kacangatau serutan kayu.  Fungsinya untukmenghangatkan kandang dan mengalasi dasar kandang supaya mudah dibersihkan darikotoran. Setiap beberapa waktu, litter diganti dengan material bersih.

Cara ini relatif populer dijalankan di Indonesia. Karenadianggap praktis karena mudah dibersihkan dan membantu menjaga suhu kandangtetap stabil. Tetapi penyatuan ayam dalam satu kandang menjadi satu acapkalimeningkatkan resiko penularan penyakit. 

Jenis Kandang Ayam postal panggung

Ini juga menjadi jenis kandang ayam yang banyak digunakanoleh peternak besar. Kandang dibuat serupa dengan rumah panggung dari materialbambu. Alas kandang dibiarkan berlubang, sehingga kotoran akan jatuh ke tanah.

Terdapat semacam wadah penampungan kotoran untuk memudahkanproses pembersihkan. Tetapi kadang bagian bawah kandang digunakan untuk usahaperikanan atau bercocok tanam, memanfaatkan kotoran dan sisa makanan yang jatuhdari kandang di atasnya.

Metode ini dianggap lebih sehat untuk pemeliharaan ayam,karena kandang secara umum lebih bersih. Pembersihannya juga tidak rumit,karena cukup disiram dengan air, kotoran akan jatuh ke bawah. Tetapi biayapembuatan kandang postal panggung cenderung tinggi. ini sebabnya jenis kandangayam semacam ini lebih sering digunakan oleh pelaku usaha ternak besar.

Itulah tadi sejumlah jenis kandang ayam yang bisa Anda pilih untuk usaha ternak ayam pedaging. Semua model kandang pada dasarnya baik, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sesuaikan saja dengan skala usaha dan kemampuan Anda.

Baca juga Sistem Perkandangan Sapi