Aspek Penting Yang Menjadi Pertimbangan Pemberian Pakan Ayam Pedaging


Apa saja aspek yang perlu menjadi pertimbangan saat Anda menentukan cara tepat untuk pemberian pakan ayam pedaging? Temukan jawabannya di sini.

Kesempatan sebelumnya kita sudah membahas soal apa saja jenis pakan yang dapat kita berikan pada ternak ayam broiler atau pedaging. Tapi, masalah pakan ayam pedaging tidak hanya berkutat pada urusan pilihan yang dapat diambil.

Ada sejumlah aspek penting yang menjadi pertimbangan sebelumAnda mulai mengelola masalah pakan ayam pedaging. Ini akan menentukan caratepat untuk memberikan pakan. Termasuk di dalamnya soal jumlah, waktu danteknik.

Aspek Penting Pakan Ayam Pedaging

Untuk dapat menghasilkan ayam pedaging yang sesuai standar,kita membutuhka asupan nutrisi yang cukup. Anda harus benar-benar memperhatikankadar nutrisi yang sesuai untuk pakan ayam pedaging.

Dalam produksi pabrikan, dikenal 3 tingkatan nutrisi. ayambroiler untuk petelur akan mendapatkan nutrisi level tinggi karena kebutuhannutrisinya yang ganda. Sedang  prosesmolding atau pembibitan cenderung membutuhkan nutrisi rendah. Dan berbeda lagidengan pakan ayam pedaging. Jenis ini membutuhkan kadar nutrisi menengah.

tetapi, untuk dapat memenuhi kebutuhan, klasifikasi ini saja tidak cukup menjadi panduan Anda. Anda butuh metode tepat untuk dapat memenuhi target kebutuhan nutrisi. dan beberapa pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pakan ayam pedaging tersebut adalah sebagai berikut.

Aspek feed intake

Feed intake adalah jumlah pakan yang dihabiskan dalamperiode tertentu. Biasanya standar yang digunakan adalah harian. Di atas kertasseharusnya, feed intake perhari akan meningkat dari waktu ke waktu sampaimendekati masa panen.  Progress ini akanmenjadi tanda awal upaya penggemukan Anda berhasil.

Setiap 3 hari sekali, pakan harus ditambahkan setidaknya 10%– 15%. Tetapi angka ini tidak mutlak, karena beberapa produksi dapat sajamengalami peningkatan jumlah feed intake lebih tinggi. atau peningkatan tidakbersifat 3 harian tetapi setiap pekan.

Bila feed intake tidak mengalami peningkatan sebagaimanaseharusnya, ini perlu segera Anda tindak lanjuti. Ada beberapa faktor yangdapat mempengaruhi selera makan ayam pedaging. Diantaranya formula dan bentukpakan, kekerapan pakan diberikan, kondisi kandang sampai masalah suhu, cuacadan kesehatan ternak. 

Untuk itu, peternak selalu disarankan untuk rutin menghitungfeed intake pakan ayam pedaging setiap hari untuk memantau kondisi ternakharian. Juga untuk segera dapat menindak lanjuti kondisi yang memicu turunnyaselera makan ayam.

Aspek gain weight

Gain weight adalah peningkatan berat badan ayam ternakbroiler pada satu kurun waktu tertentu. Biasanya hitungan peningkatan beratbadan dilakukan setiap pekan.  meskiidealnya perhitungan dilakukan harian. Anda dapat melakukan hitungan mingguandan membagi hasil gain weight ini menjadi 7 hari, untuk menemukan peningkatanbobot harian.

Peningkatan berat badan yang optimal menandakan polapemeliharaan Anda sudah tepat. Dan pilihan pakan Anda sudah benar. Kadang pakanyang diberikan sudah dengan jumlah yang tepat, tetapi peningkatan bobot tidaksesuai standar yang diharapkan.

Upayakan menghitung berat badan perekor, untuk menemukanayam-ayam gering yang mungkin memerlukan pengawasan dan perawatan intensif.Atau perlu segera disingkirkan dari kandang utama sebelum memunculkan masalahke ayam sehat sekitarnya.

Kedua aspek di atas akan menghasilkan Feed Conversion Ratio. Ini adalah hasil perhitungan perbandinganantara jumlah feed intake atau jumlah pakan perhari dengan jumlah kenaikanberat badan perhari.

Ini menjadi standar efisiensi pemberian pakan dankemungkinan masalah yang muncul di lapangan. Karena tujuan utama dari usahaternak pedaging adalah penggemukan.  Danperan pakan mencapai 70% dari seluruh pos biaya.

Sehngga standar utama keberhasilan dilihat dari sejauh mana pakan bekerja efektif pada peningkatan berat badan. Dan potensi kendala yang menyebabkan pakan ayam pedaging tidak bekerja efisien.

Baca juga cara pengendalian hama dan penyakit ayam broiler