Berencana Buka Usaha Peternakan Bebek? Lihat Untung Ruginya


Usaha ternak unggas memang bisa jadi salah satu pilihan untuk Anda yang tertarik membuka usaha ternak. Dibandingkan dengan usaha ternak lain seperti kambing atau sapi, ruang usaha dan tingkat kerumitannya tentu lebih kecil. Tetapi sebenarnya sejauh mana untung rugi dari usaha peternakan bebek? Nah berikut beberapa yang anda harus pahami dalam melakukan usaha peternakan bebek.

Kelebihan usaha peternakan bebek

Ada beberapa alasan kenapa usaha peternakanbebek dapat menguntungkan dan dianggap lebih mudah dijalankan. Berikut beberapakelebihan dari usaha peternakan bebek.

Bebek pada dasarnya tahan penyakit

Dibandingkan jenis satwa unggas lain, bebektermasuk jenis yang lebih bandel dan tidak mudah sakit. Sementara ayam mudahterserang penyakit saat musim kering dan musim penghujan, bebek cenderung lebihkebal. Hanya kelembaban yang berlebihan dan pola makan yang kurang berimbangmemang menurunkan daya tahannya.

Bebek termasuk hewan produktif

Dibandingkan dengan jenis unggas lain, bebek sangat rajin bertelur. Dari 100 ekor bebek petelur, dalam sehari setidaknya dapat menghasilkan sekitar 75 butir telur perhari . Dibandingkan dengan ayam petelur yang hasil hariannya sekitar 60 butir perhari.  Ini artinya dari jumlah satwa yang sama dihasilkan telur yang lebih banyak.

Lebih tahu tentang analisis ternak usaha bebek petelur.

Pasar produk daging dan telur bebek  cukup berkembang

Dulu telur bebek hanya dikenal sebagai bahanbaku sejumlah makanan tradisional dan bahan baku telur asin. Konsumsi dagingbebek juga masih sangat terbatas. Namun, sejak berkembangnya industri kulinerdi Indonesia, permintaan daging dan telur bebek berkembang sangat pesar. Usaha kulinerdengan bahan baku daging dan telur bebek menyebar di berbagai kota denganberagam ide dan rasa. Ini jadi peluang baru bagi industri peternakan bebek

Bebek mudah dipelihara

Selain dikatakan bebek cenderung lebih tahan penyakit, rupanya bebek juga cenderung lebih mudah dipelihara dibandingkan unggas lain. diberi pakan seadanya dengan makanan buatan rumahan pun hasilnya sudah sangat bagus. Tanpa harus menggunakan produk pabrikan 100% yang tentu memakan biaya. Bebek juga tidak selalu menuntut kandang yang super bersih, meski aspek kebersihan tentu tetap jadi perhatian untuk pencegah flu burung dan penyakit unggas lain.

Kekurangan dari usaha peternakan  bebek

Meski memiliki banyak kelebihan tidak lantasusaha peternakan bebek bebas dari sisi negatif. Terbukti ada sejumlahkekurangan dari satwa unggas ini ketika diternakan dan dibiakan.

Porsi makan bebek tinggi

Dibandingkan ayam dan jenis unggas lain, bebektermasuk rakus. Selera makan mereka lebih tinggi sehingga porsi makan harianbebek jauh lebih banyak. Itu sebabnya peternak perlu cukup lihai menyikapikebiasaan ini dengan memadukan pakan pabrikan dan konsentrat dengan pakanbuatan rumahan yang lebih murah meriah.

Mereka tidak dapat membedakan makanan berkualitas rendah

Kerakusan mereka membuat mereka terbiasa makanbegitu saja apa yang mereka temukan dan tersaji di hadapan mereka. Mereka tidakmemiliki cukup kemampuan untuk membedakan mana makanan layak dan makanan yangsudah rusak. Ini menyebabkan mereka kerap keracunan oleh jamur, bakteri dantoksin dari makanan busuk, bangkai bahkan hingga tanah yang kotor.

Mudah terusik oleh suara dan gangguan

Bebek jenis hewan yang mudah merasa tidaknyaman ketika terusik oleh suara berisik. Ini karena bebek cenderung mudahterkejut, mereka akan panik hanya karena lalu lalang orang yang lewat ataukarena suara yang bervolume besar. Ini sebabnya kandang di area tertutup diperkotaan jauh lebih baik dibandingkan dibiarkan terbuka.

Lebih lincah

Menjadi lebih lincah menjadikan bebek tidakdapat secepat ayam dalam menghasilkan daging. Dan menjadi lebih lincah membuatmereka membutuhkan kandang yang lebih luas atau terakses dengan area terbuka.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalampeternakan bebek. Sekalipun dapat dikatakan potensial. Pastikan Anda memulaiusaha ternak bebek dengan memahami betul kelebihan dan kekurangan sertabagaimana menyikapi setiap kondisi tersebut.