kambing-etawa-sehat

Usaha Ternak Kambing Etawa: Tips Kenali Kambing Etawa Sehat

Posted on

Salah satu hal perlu dikusai ketika menjalani bisnis ternak kambing Etawa yakni mengetahui kambing yang sehat, kami akan mencoba membantu Anda menjabarkan bagaimana cara mengenali ciri-ciri kambing Etawa yang sehat untuk usaha ternak kambing Etawa yang Anda kembangkan.

Mendapatkan kambing berkualitas, sehat dengan produktivitas tinggi adalah aspek penentu keberhasilan usaha ternak kambing Etawa yang Anda jalankan. Selain tentu saja aspek teknik pemeliharaan yang Anda jalankan.

Apa Ciri-ciri Kambing Etawa Sehat dan Berkualitas?

Bagi Anda yang masih memulai usaha ternak kambing Etawa, tentu tidak mudah mengenali jenis kambing Etawa yang berkualitas dan sehat. Dan untuk itu, berikut ini adalah sejumlah ciri-ciri untuk mengenali kambing Etawa berkualitas.

Kondisi telinga

Menarik sekali untuk Anda perhatikan bahwa bentuk dan ukuran telinga berperan besar untuk menentukan kualitas dari kambing Etawa yang Anda beli. Telinga dengan bentuk, pola dan ukuran yang baik akan menunjukan kualitas kambing.

Kambing Etawa yang sehat akan memiliki karakter telinga yang turun merosot di sisi kepala. Bentuknya memanjang sempurna dengan ujung sedikit meruncing. Ukuran daun telinga yang sehat akan mencapai kisaran 30 cm.

Kondisi kepala

Kepala kambing Etawa sendiri memang memiliki ciri unik yang khas. Ini dapat Anda lihat dari ukuran kepala yang relatif kecil bila dibandingkan dengan ukuran tubuhnya yang cenderung bongsor dan tampak kokoh. Bentuk sisi depan wajah tampak jenong dengan tulang hidung sebagai puncaknya dengan ukuran tanduk kecil tetapi terlihat cukup jelas, tidak tenggelam dibalik bulu.

Selain itu, mulut dari kambing Etawa tampak kecil dan sedikit maju di sisi bawahnya. Perhatikan kondisi bibir dan susunan gigi serta gusi dari kambing. Bibir dan gusi yang tampak segar, tidak terlalu merah juga menjadi ciri penting dari Etawa sehat. Perhatikan pula kondisi gigi kambing. Hindari jenis kambing dengan masalah gigi karena biasanya juga dapat mengganggu pola makan kambing.

Perhatikan bola mata kambing

Beberapa peternak meyakini kondisi mata dari kambing Etawa dapat menjadi cerminan kesehatan kambing. Untuk itu perhatikan mata kambing saat Anda memilih mereka di peternakan atau di pasar.

Mata yang bening, tampak sehat dan tidak berselaput, tidak memiliki tanda luka dan tidak terlalu basah adalah ciri-ciri kambing sehat.  Hindari jenis kambing dengan mata yang mudah sekali basah, apalagi sering meneteskan air mata. Bisa jadi ada masalah infeksi pada matanya atau saluran pernafasannya yang memicu air matanya terus mengalir.

Perhatikan bentuk alat reproduksi

Kesehatan alat reproduksi menjadi aspek penting yang perlu Anda periksa. Lihat ukuran dari alat vital, perhatikan apakah ukurannya berimbang dengan ukuran tubuh kambing. Pastikan pula bentuk dari alat vital tampak sempurna dan tidak cacat.

Sebagaimana sudah kami bahas sebelumnya di sini, penting untuk Anda tidak melupakan pula kesehatan puting. Puting akan menempati peran besar dalam produksi susu dari kambing Etawa yang Anda ternakan.

Karenanya pastikan kondisi putih sempurna. Tidak terlihat cekung, terlalu kendor, tampak bercak-bercak yang bisa menjadi tanda adanya pertumbuhan jamur pada permukaan puting. Ujung puting terlihat kenyal dan elastis, tidak keras apalagi terlihat terlalu kecil dan tidak berimbang dengan tubuh kambing.

Perhatikan ukuran dan kekokohan

Ukuran dan kekokohan kambing akan menempati posisi penting. Ini penting untuk memastikan anakan yang dihasilkan tetap berkualitas baik. Anda tidak bisa meminta pohon mangga semar akan berbuah mangga arumanis yang menggugah selera.

Jadi, pastikan ukuran kambing sesuai dengan standar ukuran kambing, memiliki struktur kambing relatif besar dan kokoh. Perhatikan pula bentuk kambing terlihat gagah dan bentuk tubuh yang kokoh. Memilih Etawa dengan karakter Etawa yang lemah akan menghasilkan anakan yang semakin kecil dan beresiko memiliki produktivitas rendah.

Itulah beberapa ciri dari kambing Etawa berkualitas dan sehat untuk Anda pelihara pada usaha ternak kambing Etawa yang Anda jalankan. Anda jelas tidak ingin bukan usaha ternak kambing Etawa Anda tersendat hanya karena Anda memilih kambing yang tidak sehat dan tidak produktif kan?