pembuatan kandang kelinci

7 Syarat Utama Pembuatan Kandang Kelinci

Posted on

Jika ingin memulai bisnis kelinci, salah satu hal yang perlu menjadi perhatian utama yakni kandang kelinci. Terdapat beberapa yang Anda harus ketahui dalam proses pembuatan kadang kelinci yaitu persyaratan pembuatan kandang kelinci.

Baca juga: Peluang usaha ternak kelinci

Hal ini juga menyangkut lokasi yang baik untuk penempatan kandang. Beberapa persyaratan tersebut harus terpenuhi agar kelinci dapat hidup dengan nyaman, sehat, dan aman.

Berikut Syarat Pembuatan Kandang Kelinci

1. Suasana Kandang Tenang dan Jauh dari Jalan Raya

Lokasi yang tenang dan jauh dari kebisingan manusia dan kendaraan merupakan syarat mutlak jika Anda ingin membangun kandang kelinci. Penempatan kandang kelinci sebaiknya jauh dari jalan raya dan jalur hilir mudik manusia. Hal ini, dikarenakan kelinci tergolong hewan yang sensitif terhadap gerakan dan suara.

Suara yang berisik dan mendadak dapat membuat hewan pengerat tersebut kaget. Kelinci yang sering kaget, akan membuat kelinci jadi stres dan nafsu makan yang menurun.

2. Lingkungan Kandang Sejuk dan Tidak Lembap

Lingkungan kandang sebaiknya dijaga agar tetap sejuk dan tidak lembap, karena kondisi ini penting untuk menciptakan lingkungan tumbuh yang optimal bagi kelinci. Suhu yang cocok untuk hidup kelinci yakni berkisar antara 15-20o C.

Selain sejuk, Anda usahakan kandang kelinci selalu dalam keadaan kering dan tidak lembap. Tempat yang lembap akan memicu adanya pertumbuhan virus, bakteri, cendawan, jamur, dan patogen lainnya yang dapat membuat kelinci terserang berbagai penyakit.

3. Aman dari Predator

Faktor keamanan adalah salah satu hal yang terpenting agar kelinci tidak diserang dengan predator. Untuk mencegah dan meminimalisasi serangan hewan predator seperti tikus, kucing, dan ular, maka Anda membuat kandang dengan lubang yang tidak terlalu besar. Adapun predator lainya seperti semut, dapat diantisipasi dengan mengoleskan kapur anti serangga di sekeliling kandang.

4. Kokoh

Kekuatan dan kekokohan kandang menjadi faktor penting juga agar kandang dapat bertahan dengan lama. Pada umumnya, kekuatan kandang ditentukan oleh jenis bahan yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kandang.

Bahan dasar utama dalam pembuatan kandang yaitu seperti bambu, kayu, dan kawat yang memiliki kualitas yang baik. Hindari penggunaan kayu dan bambu yang telah lapuk dan dimakan rayap. Agar lebih awet, Anda dapat menggunakan vernis dan anti rayap untuk menguatkan bahan kandang yang dipilih. Selain itu, gunakanlah siku untuk menguatkan antar bagian sisi kandang dan memperbanyak jumlah kaki atau tiang kandang.

5. Sirkulasi Udara Lancar

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kandang kelinci yaitu sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang lancar akan meminimalisasi tingginya kelembapan udara yang terdapat pada kandang, serta mengurangi kandang sumpek dan bau akibat minimnya udara yang masuk. Lubang sirkulasi udara tersebut tidak perlu dibuat secara khusus. Jika kandang terbuat dari kayu atau bambu buatlah susunan yang agar renggang. Usahakan terdapat jarak antara kayu atau bambu satu dengan lainnya sebesar 1 hingga 1,5 cm.

6. Hindari Angin dan Hujan Masuk ke Dalam Kandang

Seperti yang anda ketahui bahwa kelinci merupaka jenis hewan yang sensitif dengan hujan dan angin, maka anda wajib membuat penutup bagi kandang dan pada bagian atas jangan sampai ada yang bocor. Apabila terjadi hujan lebat dengan angin yang cukup kencang, sebaiknya anda segera menutup kandang dengan plasting atau terpal. Penutup dapat anda buka kembali setelah hujan reda.

7. Kandang Mudah Dibersihkan

Sanitasi kandang penting untuk Anda lakukan agar meminimalisasi serangan hama dan penyakit kelinci. Oleh karena itu, sanitasi harus dilakukan secara rutin dan terjadwal.

Jika Anda ingin memulai usaha kelinci, maka pastikan untuk memenuhi ketujuh syarat terpenting dalam pembuatan kandang kelinci agar supaya bisnis beternak kelinci Anda sukses dan terhindar dari berbagai risiko.