Peluang usaha ternak kelinci pedaging

Peluang Usaha Ternak Kelinci Modal Kecil Omset Besar

Posted on

Tertarik menjajal usaha ternak baru dan berbeda dengan modal kecil? Kenapa tidak coba peluang usaha ternak kelinci. Hewan ternak satu ini terbilang potensial, dan mungkin untuk Anda kembangkan dalam lahan terbatas, bahkan di pekarangan rumah Anda. Ini dapat menjadi peluang bisnis rumahan atau usaha sampingan dengan modal usaha kecil namun menguntungkan dan memiliki omset besar.

Di sisi lain peluang usaha ternak kelinci sebagai bisnis rumahan ini juga di atas daun. Daging kelinci yang dulunya diabaikan kini mulai populer di cari bersamaan dengan perkembangan bisnis kuliner dewasa ini. Sedang kelinci hias juga memiliki pasar yang tak kalah potensial. Peminat kelinci hias terus berkembang dari tahun ke tahun.

Peluang Usaha Ternak Beragam Jenis Kelinci

Apa saja sebenarnya macam usaha ternak kelinci dan bagaimana peluang bisnis ternak kelinci tersebut masing-masing?

Ternak Kelinci Pedaging

peluang usaha ternak kelinci pedaging

Kelinci lokalan tertentu rupanya merupakan jenis kelinci yang sangat cocok untuk diternakan untuk tujuan penggemukan. Kelinci jenis ini memiliki harga bibit relatif murah, mudah dibesarkan dan bisa mencapai berat badan di atas 5 kg.

Fokus pada proses penggemukan dan pembentukan daging, ternak kelinci pedaging ini hanya membutuhkan waktu pemeliharaan sekitar 4 bulanan. Biasanya kelinci pedaging sengaja dipilih dari jenis pejantan karena memiliki massa otot lebih besar. Untuk itu mereka perlu dikebiri, setidaknya setelah 1 kali periode reproduksi. Karena dengan dikebiri, kelinci akan lebih optimal membentuk daging.

Pakan menjadi perhatian khusus untuk pemeliharaan kelinci potong ini. karena penting untuk memastikan kelinci mendapatkan asupan protein mencukupi seperti dari biji-bijian, kacang-kacangan dan konsentrat demi mendorong pembentukan daging.

Dengan biaya terbesar terletak pada pakan dan pemeliharaan kesehatan, kelinci jenis pedaging ini justru memiliki pasar potensial dalam beberapa waktu terakhir. Seiring dengan berkembangnya dunia kuliner dan mulai bermunculannya kuliner kelinci di berbagai kota.

Karenanya untuk melancarkan penjualan sebaiknya jalin kerjasama dengan pelaku usaha kuliner demi memastikan kelinci yang Anda jual tertampung di pasaran.  Anda bisa menjual kisaran 60 ribu – 100 ribu perekor.

Ternak Kelinci Hias

kelinci hias

Berbeda dengan usaha kelinci pedaging yang fokus pada penggemukan dan pebentukan daging, maka konsep pemeliharaan kelinci hias akan cenderung lebih rumit dan detail. Anda bukan hanya fokus untuk mendorong kelinci tampak lebih gemuk, tetapi juga tampil cantik dan memikat. Karena fokus daya tarik dari kelinci hias adalah bentuk visualnya.

Beberapa kelinci hias di pasaran seperti jenis angora, lop, jenis dwarf dan masih banyak lagi merupakan beberapa contoh jenis yang digemari sebagai kelinci hias. Bentuknya yang lucu, dengan bulu tebal dan kadang bercorak unik menjadikan kelinci favorit banyak orang. Malah beberapa kelinci tampak mungil dengan tubuh kecilnya yang memikat.

Untuk memelihara kelinci hias, Anda harus memastikan bahwa Anda memahami karakter dari masing-masing jenis. Pahami bagaimana memelihara hewan tersebut dan bagaimana kemampuan adaptasinya. Beberapa jenis kelinci hias membutuhkan perlakuan khusus sesuai dengan karakter kelinci. Termasuk ukuran dan pembuatan kandang, aspek kebersihan dan karakter interaksi kelinci.

Masalah pakan kelinci hias juga tentu saja berbeda dibandingkan jenis kelinci pedaging. Karena selain fokus pada pembentukan berat badan, kelinci hias membutuhkan pakan yang membantu menjaga kesehatan bulu mereka. Makanan kaya akan komponen minyak alami seperti kacang-kacangan bungkil dan gabah utuh akan membantu sekali memelihara kesehatan bulu dan permukaan kulit.

Dari segi penjualan, demi mendongkrak penjualan Anda perlu aktif pada sejumlah perlombaan. Karena kelinci dari peternakan yang sukses dalam kontes atau justru kelinci kontes itu sendiri memiliki harga jual relatif tinggi. Biasanya Anda bisa menjual 1 ekor kelinci di atas harga 200 ribuan, tetapi bila Anda menjual jenis jawara bisa jadi Anda akan mendapatkan lebih dari 5 jutaan perekor.

Peluang usaha ternak kelinci memang memiliki sisi menariknya tersendiri. Di satu sisi Anda bisa membukanya dengan lahan terbatas dan dengan pakan yang lebih mudah untuk didapatkan. Hanya beberapa detail yang perlu Anda perhatikan dan usaha ini bisa memberi Anda hasil cukup memuaskan.