pakan kambing etawa

Tips Pemberian Pakan Kambing Etawa

Posted on

Bicara soal usaha ternak sudah tentu akan berbicara soal teknik perawatan, termasuk pula berbicara soal teknik pemberian pakan. Demikian pula bila kita bicara soal usaha beternak kambing Etawa. Masalah pakan kambing Etawa adalah salah satu poin penting yang berperan dalam menentukan kualitas panen peternakan Anda.

Kambing Etawa adalah jenis kambing yang sangat menarik. Kambing ini memiliki postur tubuh besar yang tentu saja membuatnya akan membutuhkan pakan dalam jumlah cukup besar. Sebagai ternak penghasil susu, penting pula untuk kita perhatikan pola asupannya sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas susu yang diproduksi.

Pola Dasar Pemberian Pakan Kambing Etawa

Sebenarnya pemberian pakan kambing Etawa tak ubahnya dengan jenis kambing lainnya. Asupan utama dari kambing Etawa tetap berupa pakan hijau rerumputan. Boleh dikatakan bahwa pakan dari rumput-rumputan adalah jenis pakan terbaik untuk pakan ternak herbivora.

Beberapa jenis tanaman rumput-rumputan yang termasuk asupan bermanfaat bagi ternak kambing Etawa seperti rumput gajah, glagahan, kaliandra dadap, daun singkong, daun ketul sapi, kulit jagung, sengon, waru dan lain-lain.

Namun, demi mengimbangi kebutuhan nutrisi dari kambing Etawa, pelaku usaha budidaya kambing Etawa kerap kali memadukan asupan rerumputan dengan jenis pakan lain sebagai asupan tambahan. Beberapa contoh pakan tambahan yang lazim diberikan seperti kacang-kacangan, bunga nangka, bungkil, gula jawa, polar, kedelai dan biji-bijian.

Selain makanan alami seperti disebutkan di atas, rupanya belakangan makanan olahan fermentasi juga mulai banyak digemari oleh peternak. Sejumlah pakar melihat bahwa pemberian pakan fermentasi akan membantu meningkatkan efektifitas proses cerna makanan sehingga memaksimalkan hasil penyerapan. Dengan kata lain meningkatkan manfaat makanan bagi kualitas produksi ternak.

Jadwal Konsumsi Pakan Kambing Etawa

Pemberian pakan ternak kambing Etawa sebenarnya tak banyak berbeda bila dibandingkan dengan jenis kambing ternak lain. Perbedaan yang cukup signifikan terletak pada volume porsi makan dari kambing Etawa yang lebih besar.

Biasanya kambing diberi makanĀ  2 kali sehari, setiap pagi pukul 8 pagi dan pukul 3 sore sebelum matahari tenggelam. Jumlah yang diberikan sebenarnya bisa diperkirakan. Meski demikian sejumlah pelaku usaha budidaya kambing biasanya memiliki teori masing-masing soal berapa jumlah tepat pemberian pakan kambing Etawa.

Beberapa pakar menyarankan untuk memberikan pakan sebanyak 10% dari total berat badan kambing Etawa tersebut untuk tiap kali makan. Artinya dalam 1 hari kambing akan mengonsumsi pakan sekitar 20% dari total tubuhnya.

Sedang sebagian lain menilai pemberian pakan tak melulu terpatok pada berat badan kambing. Karena pada dasarnya kambing akan berhenti makan saat kenyang dan mulai makan kembali saat lapar. Cukup pastikan suplai pakan pagi hari mampu memenuhi 60 % dari total asupan yang biasa diberikan. Sedang di sore hari tambahkan sisa 40% untuk suplai hingga malam.

Pastikan untuk melakukan diversifikasi makanan untuk membantu kambing mendapatkan nutrisi dengan lebih lengkap. Seperti memadukan rerumputan dengan kacang-kacangan. Atau padukan daun waru dengan kulit jagung. Tambahkan konsentrat dan makanan fermentasi sebagai selingan karena dianggap memiliki efektifitas penyerapan lebih optimal.

Perlakukan khusus perlu Anda berikan bila Anda berhadapan dengan kambing yang hamil, menyusui, pejantan, dan berhadapan dengan kambing anakan. Mereka membutuhkan asupan khusus sesuai dengan kondisinya, termasuk pula penyesuaian pola pemberian dan jumlah yang diberikan.

Tambahkan asupan pakan konsentrat dengan formulasi khusus sesuai kebutuhan kambing tersebut. Biasanya dalam konsentrat ditemukan kadar protein dan sejumlah senyawa fitokimia tertentu yang membantu menjaga vitalitas dan kondisi kambing.

Sementara pada kambing anakan, pastikan membantu dengan memotong kecil-kecil rerumputan yang akan diberikan. Perbanyak asupan kacang-kacangan karena akan efektif mempercepat pembentukan daging dan mendorong kambing cepat besar.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda memahami lebih baik cara efektif memberikan pakan kambing Etawa. Pastikan untuk tertib dan rutin dalam memberikan pakan untuk memastikan ternak kambing Etawa Anda sehat dan produktif. Lihat juga ulasan lain yakni harga kambing terbaru dan analisis bisnis kambing Etawa.