Memilih Bibit Kambing Etawa

Cara Mudah Memilih Bibit Kambing Etawa Berkualitas

Posted on

Untuk memulai bisnis peternakan kambing Etawa, ada banyak aspek yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya adalah memastikan bahwa Anda sudah memilih bibit kambing Etawa yang berkualitas dan sehat.

Meski Etawa termasuk jenis kambing unggulan dengan produktivitas yang baik, kesalahan dalam menentukan bibit akan menyebabkan hasil dari usaha peternakan yang Anda jalankan tidak berjalan optimal.

Lalu bagaimana cara memilih bibit kambing Etawa dengan tepat? Bagaimana memastikan bibit yang Anda beli sudah sesuai standar yang dibutuhkan oleh usaha ternak yang Anda jalankan? Bagaimana menilai kualitas dari bibit kambing Etawa?

Pilih bibit yang berasal dari silsilah yang baik

Cara ini bisa dikatakan sebagai solusi sederhana dalam menetapkan bibit kambing Etawa berkualitas. Sengaja membeli dari peternakan yang sudah berjalan baik dan terbukti memiliki peranakan kambing Etawa yang berkualitas akan membantu Anda mendapatkan bibit yang juga berkualitas.

Perhatikan kambing peranakan yang dihasilkan dari peternakan tersebut. Kalau perlu lihat dari anakan kedua untuk memastikan kualitas turunan dan karakter dari anakan yang dihasilkan oleh peternakan tersebut.

Sudah tentu, dari indukan dan pejantan berkualitas baik akan dihasilkan bibit yang juga berkualitas. Karena itu, Anda bisa mencoba mencari usaha ternak yang ada di sekitar Anda untuk mendapatkan peranakan Etawa yang bermutu.

Cara ini juga dianggap paling aman untuk mendapatkan bibit kambing Etawa usia anakan dengan kualitas terjamin. Ini karena pada usia ini kambing belum dapat menunjukan keunggulan fisiknya dengan sempurna.

Perhatikan kondisi fisik bibit

Cara ini adalah cara yang lebih detil untuk memutuskan bibit kambing Etawa. Biasanya teknik ini dilakukan untuk memilih bibit untuk ukuran yang lebih dewasa. Bibit sudah menunjukan beberapa ciri-ciri fisik yang menunjukan kambing berkualitas dan juga sudah lebih siap untuk beproduksi.

Untuk memilah bibit kambing Etawa secara fisik seperti ini, Anda perlu memeriksa setiap sisi dari kondisi tubuh bibit kambing, terutama pada ciri-ciri pola bulu, ukuran dan kekokohan tubuh dari bibit kambing Etawa.

Selain itu, periksa pula kondisi telinga, kondisi mata, kondisi mulut, hidung, kesehatan kulit dan kesehatan bulu dari bibit kambing Etawa juga akan membantu Anda melihat lebih jauh kesehatan kambing.

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi alat reproduksi dari bibit Anda ini, baik jenis pejantan dan betina. Karena nantinya Anda perlu mengawinkan kedua bibit untuk dapat menghasilkan susu. Jangan lupa perhatikan kondisi puting dari bibitan betina.

Pilih bibit dari jenis yang tepat

Aspek lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam menetapkan bibit kambing Etawa adalah kebutuhan dari bisnis ternak yang Anda kembangkan. Pastikan Anda telah memutuskan dengan tepat sesuai dengan tujuan usaha peternakan Anda.

Bila usaha ternak Anda fokus pada produksi susu, Anda bisa memilih bibit kambing Etawa betina dari jenis penghasil susu seperti Etawa Senduro. Namun bila Anda butuh jenis kambing produksi daging yang juga bisa dimaksimalkan untuk kontes, Anda bisa pilih jenis Etawa Super. Temukan informasi lengkap mengenai jenis-jenis kambing Etawa.

Pastikan pula untuk mengambil bibit dengan turunan yang jelas. Yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis kambing turunan asli atau turunan campuran. Karena nantinya kedua bibit akan Anda kawinkan, aspek genetik dan DNA Etawa menjadi aspek sangat penting.

Semakin kuat karakter Etawa dari bibit akan menghasilkan anakan yang juga baik kualitasnya. Di katakan pula unsur genetik dari pejantan mempengaruhi anakan hingga 70%.

Tak sulit sebenarnya menyeleksi bibit kambing Etawa untuk bisnis ternak Anda, yang terpenting adalah mengenali ciri-ciri kambing Etawa sehat. Untuk referensi lebih lengkap, Anda juga bisa melihat harga dan jenis kambing Etawa.