jenis kambing etawa
jenis kambing etawa

Mau Usaha Kambing Etawa? Kenali Dulu Jenis Kambing Etawa Unggulan

Posted on

Mau usaha peternakan kambing Etawa? Jelas ide yang menarik mengingat kambing Etawa dikenal sebagai kambing dengan produktivitas tinggi. Kambing ini menghasilkan susu dengan berlimpah, daging yang banyak dan memiliki bentuk fisik yang memikat para kolektor.

Tetapi, jangan buru-buru memulainya sebelum Anda mengenal dulu apa saja jenis-jenis kambing Etawa yang unggul di pasaran. Pastikan Anda mengenali dengan baik jenis kambing Etawa unggulan. Mengenali jenis kambing Etawa akan membantu Anda menentukan haluan dari usaha ternak Anda. ini karena ragam jenis kambing Etawa memiliki keunggulan pada sisi yang berbeda-beda.

Kenali Jenis Kambing Etawa

Dikenal dengan hasil susunya yang berlimpah dan produksi daging yang tinggi, tak heran Etawa menjadi favorit banyak peternak kambing konsumsi. Tetapi rupanya bentuk uniknya juga membuat jatuh hati para kolektor hewan.

Tentu saja, hewan ini memang tampak unik dengan kepala kecilnya yang bertanduk mini, berdahi jenong dan bermulut kecil. Terlihat kontras dengan tubuh besarnya yang tampak kokoh.

Ada banyak keunggulan dari jenis Etawa ini, rupanya memang kambing Etawa terdiri beberapa jenis dengan keunggulan masing-masing. Apa saja jenis kambing Etawa tersebut?

Kambing Etawa Super

Kambing Etawa super dikenal bukan hanya dari sisi produktivitasnya, tetapi juga dari tampilan fisiknya yang terkesan lebih gagah. Kegagahan tampilan kambing jenis inilah yang kemudian membuatnya kerap disertakan dalam sejumlah kompetisi kambing Etawa.

Jenis ini memiliki ukuran cenderung lebih besar dari kebanyakan kambing Etawa. Ukurannya tingginya bisa mencapai 100 – 120 cm dengan bobot sekitar 97 kg untuk pejantan. Biasanya jenis kambing Etawa ini juga memiliki postur kaki dan tubuh yang kokoh. Beberapa keunggulan inilah yang menjadikan jenis kambing Etawa super ini lazim dijual dengan harga cukup tinggi.

Beberapa orang memelihara jenis super ini sebagai koleksi. Meski sebenarnya jenis super ini juga memiliki produktivitas yang cukup baik untuk menghasilkan susu. Hanya saja beberapa kolektor atau peternak Etawa super dengan sengaja memberi pakan yang cenderung akan meningkatkan kualitas daging ketimbang susu, sehingga menurunkan produksi susu dari kambing tersebut.

Kambing Etawa Kaligesing

Bila Anda menemukan jenis kambing Etawa dengan ciri fisik yang kentara tetapi memiliki ukuran relatif lebih kecil, mungkin yang Anda hadapi adalah jenis kambing Etawa Kaligesing ini. Karena sebenarnya Etawa jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara kambing Etawa super dengan jenis lokal semacam jenis kambing kacang.

Ukuran jenis kambing Etawa ini hanya pada kisaran 90 – 100 cm untuk jenis pejantan dengan berat badan mencapai 90 kg. Sedang jenis betinanya hanya memiliki tinggi sekitar 80 cm dengan berat sekitar 60 kg.

Pertama dibiakan di daerah Purworejo kini justru jenis kambing Etawa inilah yang paling banyak diternakan di Indonesia. Ini karena kambing jenis ini lebih adaptif, memiliki produksi susu yang relatif tinggi, daging yang berlimpah dan pembiakan yang lebih rutin. Jadi dalam beberapa sisi dianggap lebih menguntungkan bagi peternak.

Kambing Etawa Senduro

Satu lagi jenis Etawa yang kerap dijadikan hewan ternak ketimbang koleksi. Jenis Senduro ini dikenal sebagai kambing perah terbaik di kelasnya. Produksi susunya sangat berlimpah bahkan diperkirakan bisa mencapai lebih dari 3,5 liter dalam sehari.

Varian ini memiliki bentuk serupa dengan jenis Etawa lain hanya saja biasanya berwarna putih bersih tanpa corak. Fisiknya cenderung besar, bahkan beberapa bisa menjadi sangat besar melebihi jenis super, tetapi kurang aktif sehingga kurang cocok tampil dalam kontes.

Berawal dari peternakan lokal di Lumajang, namun kini jenis Etawa ini telah tersebar luas di Indonesia. Kebanyakan memang dikembangkan sebagai usaha peternakan susu Etawa. Apalagi biasanya pakan yang diberikan sengaja dikhususkan untuk memaksimalkan produksi susu.

Jadi, sudah memutuskan akan menjajal usaha ternak jenis kambing Etawa yang mana? Pastikan Anda sudah tentukan fokus usaha Anda. Apakah pada usaha ternak kambing koleksi atau jenis usaha ternak kambing konsumsi.

jenis kambing etawa infografik
jenis kambing etawa infografik