Harga Kambing Etawa

Harga Kambing Etawa: Info Terkini tahun 2017

Posted on

Anda tertarik dengan peluang usaha ternak kambing Etawa dan membutuhkan informasi detail mengenai potensi pasar dari usaha kambing Etawa? Tentu saja hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah harga kambing Etawa di pasaran dalam beberapa periode terakhir.

Pasar kambing memang belum sebesar pasar sapi. Konsumen daging merah masih cenderung memilih daging merah dari sapi ketimbang daging dari kambing. Stigma yang terlanjut melekat perihal daging kambing yang kaya kolesterol membuat pasar daging kambing cenderung lebih kecil.

Padahal sebenarnya stigma tersebut tak sepenuhnya benar. Kadar kolesterol dalam daging kambing tak berselisih jauh dari kolesterol dalam daging sapi. Kalaupun hidangan daging kambing ditemukan kaya kolesterol sebenarnya lebih disebabkan oleh komponen bahan baku dan teknik pengolahan saja.

Yang menarik, meski harga kambing di pasaran masih terbilang rendah dibandingkan sapi, tetap saja harga kambing Etawa di pasaran tetap berada di posisi lebih tinggi. Keunggulan kambing Etawa dalam sejumlah sisi membuat kambing ini lebih diminati di pasaran. Baik sebagai indukan usaha ternak, bibitan atau untuk digemukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar harga terkini dari harga kambing Etawa di tahun 2017 ini. Data ini bisa menjadi acuan Anda dalam melihat potensi pasar dan penentuan nilai target penjualan.

Harga Kambing Etawa Jantan

Kebanyakan kambing Etawa di pasaran dijual dalam usia menjelang produktif dan telah mencapai titik produktif. Perbedaan usia ini tentu saja mempengaruhi sekali harga jual dari kambing Etawa jantan.

Di pasaran, harga kambing Etawa usia 8 bulan – 12 bulan berada di kisaran harga 2 juta – 3 jutaan. Sedang pada usia yang lebih matang dan siap produksi seperti pada usia 12 bulan atau di atas 1 tahunan kambing jantan bisa dijual dengan kisaran harga 3, 5 juta sampai 5, 5 juta.

Biasanya, untuk usaha kambing Etawa, pemilik ternak hanya akan membeli lebih sedikit kambing jantan. Beberapa sumber mengatakan rasio kambing jantan dan betina berada pada angka 1 : 5 sampai 1 : 7.

Harga Kambing Etawa Betina

Bila dikatakan sebelumnya pemilik usaha ternak cenderung membeli sedikit kambing Etawa jantan, maka sebaliknya peternak akan membeli kambing betina dalam jumlah besar. Sudah wajar mengingat nantinya kambing betinalah yang akan lebih menghasilkan dalam memproduksi susu.

Karena diperlukan jenis dengan usia yang sudah matang sistem reproduksinya, biasanya peternak memilih jenis kambing pada usia dewasa atau menjelang dewasa. Sebagaimana pula terjadi pada saat menentukan pemilihan kambing pejantan.

Harga kambing Etawa betina di pasaran cenderung lebih kecil dari kambing Etawa jantan. Ukurannya yang lebih kecil menjadi alasan karena dianggap hanya memiliki daging lebih sedikit. Kisaran harga kambing betina pada usia 8 – 12 bulanan pada harga 1, 8 juta sampai 3 jutaan. Sedang harga kambing betina usia matang pada usi di atas 1 tahun akan dihargai kisaran 2,5 juta sampai 5 jutaan di pasaran.

Harga Kambing Etawa Anakan

Meski pasar anakan tidak sebesar harga indukan tetapi sejumlah peternak memilih membeli harga anakan atau bibit dengan alasan harga jual yang masih rendah. Ini bisa membantu menekan biaya awal usaha dengan memperpanjang masa pemeliharaan sebelum kambing anakan siap berproduksi.

Harga jual jenis anakan di pasaran relatif sangat murah, bahkan hanya mencapai kisaran maksimal 1 jutaan saja. Kadang bahkan dijual hanya dengan harga 700 ribuan saja. Biasanya dijual dengan usia kisaran 6 – 8 bulanan.

Harga Kambing Etawa Super

Selain dijual belikan sebagai ternak produksi, kambing Etawa juga diperjual belikan sebagai koleksi. Ini berkat ukuran dan tampilannya yang menarik. Dan kambing yang lolos dalam beberapa kompetisi ataupun turunan jawara biasanya dijual dengan harga yang cukup fantastis.

Tak jarang harga jual kambing jenis semacam ini mencapai angka belasan juta. Tentu saja  ini tergantung pada prestasi, turunan, tampilan fisik dan ukuran kambing. Tetapi harga kambing Etawa super standar biasanya dibandrol dengan harga kisaran 5 – 7 jutaan.

Itulah sejumlah data harga kambing Etawa yang perlu Anda pahami sebelum memulai usaha ternak kambing Etawa. Pastikan mendapatkan kambing berkualitas dengan harga kambing Etawa yang lebih terjangkau.